Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Kemenhub Janji Percepat Sertifikasi Pesawat N219

Kementerian Perhubungan akan mempercepat proses sertifikasi pesawat produksi PT Dirgantara Indonesia, yakni N219 agar bisa segera diproduksi dan dipergunakan.
Rio Sandy Pradana
Rio Sandy Pradana - Bisnis.com 25 September 2018  |  17:39 WIB
Pesawat N219 Nurtanio - Antara
Pesawat N219 Nurtanio - Antara

Bisnis.com, JAKARTA - Kementerian Perhubungan akan mempercepat proses sertifikasi pesawat produksi PT Dirgantara Indonesia, yakni N219 agar bisa segera diproduksi dan dipergunakan.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan pesawat yang juga disebut Nurtanio ini cocok digunakan untuk daerah terpencil (remote area) yang membutuhkan bermacam barang dan konektivitas penduduknya. Pihaknya menilai sejumlah pemerintah daerah bisa memanfaatkan pesawat tersebut.

"Saya minta kepada Dirjen Perhubungan Udara untuk [lebih] cair. Jadi segera berdiskusi dengan tim bersama, karena ini produk bersama, saya dari awal sudah minta finalisasi," kata Budi, Selasa (25/9/2018).

Dia menambahkan percepatan sertifikasi tersebut juga harus diimbangi dengan kepastian aspek keselamatan dan keamanan penerbangan. 

Ditjen Perhubungan Udara dan Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) juga diminta agar mendampingi Dirgantara Indonesia dalam melakukan negosiasi agar lebih diperhitungkan dunia internasional. 

Selain itu, diperlukan kolaborasi antara pengguna produk-produk aviasi dengan industri penerbangan nasional. Hal tersebut, imbuhnya, bisa sama-sama mendatangkan keuntungan dan industri penerbangan nasional semakin berkembang.

Budi juga mengimbau kepada Dirgantara Indonesia untuk meningkatkan tingkat komponen dalam negeri dari 45% menjadi di atas 50%.

Pesawat N219 memiliki kapasitas hingga 19 kursi dengan dilengkapi dua buah mesin turboprop. Mesin yang digunakan adalah Pratt and Whitney PT6A-52 memiliki kecepatan maksimum mencapai 210 knot dan kecepatan terendah mencapai 59 knot.

Dirgantara Indonesia telah sukses melakukan uji terbang perdana pesawat N219 pada 16 Agustus 2017. Uji terbang dilakukan menggunakan purwarupa pesawat N219 selama 340 jam untuk mendapatkan type certificate (TC).


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

n219
Editor : Fajar Sidik

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top