Proyek Sindikasi Bandara Kertajati – Tol Cipali, Porsi Bank DKI Tak Berubah

Bank DKI memastikan porsi sindikasi pada refinancing dan membiayai pembangunan Airport Link Tol Bandara Internasional Jawa barat (BIJB) Kertajati dari jalan tol ruas Cikopo - Palimanan belum berubah.
Ipak Ayu H Nurcaya | 19 September 2018 01:11 WIB
Pekerja membersihkan ruang pengambilan bagasi di Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati, Majalengka, Jawa Barat, Kamis (24/5/2018). - Antara/M. Agung Rajasa

Bisnis.com, JAKARTA – Bank DKI memastikan porsi sindikasi pada refinancing dan membiayai pembangunan Airport Link Tol Bandara Internasional Jawa barat (BIJB) Kertajati dari jalan tol ruas Cikopo - Palimanan belum berubah sejak 2014.

Direktur Bisnis Bank DKI Antonius Widodo Mulyono mengatakan perusahaan telah masuk pada pembiayaan proyek itu sejak pertama dibuka. Porsinya pun hingga saat ini belum berubah atau sekitar Rp270 miliar.

"Kami itu sudah masuk sejak awal 2014, nah sekarang kondisinya hanya ada repackage dari PT Lintas Marga Sedaya di rencana pintu masuk Bandara Kertajati. Namun, porsi kami tidak berubah," katanya, Selasa (18/9/2018).

Antonius menambahkan untuk bunga yang dibebankan juga masih sesuai dengan Mandated Lead Arranger and Bookrunners (MLAB) yakni Bank BCA sebesar 9% dengan jangka waktu 15 tahun.

Sementara itu, PT Lintas Marga Sedaya (LMS) resmi menerima pembiayaan sindikasi sejumlah Rp8,8 triliun.

Pembiayaan sindikasi yang berjangka waktu 15 tahun ini diberikan oleh pihak perbankan dan lembaga keuangan nonperbankan.

Selain Bank DKI, ada Bank BCA selaku Mandated Lead Arranger and Bookrunners (MLAB), Agen Fasilitas, Agen Jaminan dan Agen Penampungan, Sarana Multi Infrastruktur dan Bank Mandiri sebagai lead arranger, Bank Panin sebagai arranger, serta Indonesia Infastructure Finance, Bank BJB, dan Bank ICBC Indonesia sebagai partisipan.

Presiden Direktur PT Lintas Marga Sedaya, Datuk Mohd Zulastri Mohd Amin berharap dengan adanya program pendanaan seperti ini dapat memberikan fleksibilitas PT Lintas Marga Sedaya selaku operator Jalan Tol Cipali dalam meningkatkan pelayanannya agar selalu menjadi yang terbaik dan juga memberikan nilai tambah kepada stakeholder terkait.

Selain itu, adanya proyek pembangunan Airport Link menuju BIJB Kertajati dari Jalan Tol Ruas Cikopo – Palimanan diharapkan dapat mempermudah dan mempercepat akses. Sehingga dapat meningkatkan jumlah penumpang serta perekonomian di sekitarnya.

Susiana Santoso Executive Vice President Corporate Finance BCA selaku MLAB dan perwakilan para kreditur mengatakan Bandara Kertajati di Majalengka yang baru diresmikan berdekatan dengan kawasan ekonomi terpadu, Karawang, Bekasi dan Purwakarta, serta ditunjang dengan infrastruktur transportasi lain.

Oleh karena itu, perbankan nasional khususnya BCA merasa perlu untuk turut serta dalam pembangunan pembangunan ruas tol yang tersambung langsung dengan Bandara Internasional Kertajati (Airport Link) ini.

Melalui pembiayaan ini, tambahnya, MLAB dan segenap kreditur lainnya berharap dapat memberikan multiplier effect secara langsung kepada masyarakat, sekaligus turut memberikan dampak yang signifikan dalam pembangunan infrastruktur yang digagas oleh pemerintah.

Tag : bandara kertajati
Editor : M. Syahran W. Lubis

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top