Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Integrasi Ruas Tol JORR Segera Diberlakukan

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono memastikan kesiapan pemberlakukan integrasi JORR.
Yanita Petriella
Yanita Petriella - Bisnis.com 15 September 2018  |  14:17 WIB
Tol JORR. - Ilustrasi/JIBI
Tol JORR. - Ilustrasi/JIBI

Bisnis.com, JAKARTA - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono memastikan kesiapan pemberlakukan integrasi JORR. 

Basuki menyatakan ruas tol yang akan masuk dalam integrasi JORR yaitu mulai dari Seksi W1 (SS Penjaringan-Kebon Jeruk), Seksi W2 Utara (Kebon Jeruk-Ulujami), Seksi W2 Selatan (Ulujami-Pondok Pinang), Seksi S (Pondok Pinang-Taman Mini), Seksi E1 (Taman Mini-Cikunir), Seksi E2 (Cikunir-Cakung), Seksi E3 (Cakung-Rorotan), Jalan Tol Akses Tanjung Priok Seksi E-1, E-2, E-2A, NS (Rorotan-Kebon Bawang), dan Jalan Tol Ulujami-Pondok Aren. 

Ruas Jalan Tol JORR terintegrasi sepanjang 76 Km, saat ini untuk tarif golongan I sebesar Rp34.000, sedangkan golongan V sebesar Rp94.500 jika dihitung mulai dari SS Penjaringan hingga ATP. 

Dengan diberlakukannya integrasi JORR maka tarif golongan I menjadi Rp15.000, sedangkan golongan V menjadi Rp 30.000. 

"Sehingga dengan pemberlakuan integrasi JORR, akan terdapat penurunan tarif tol yaitu tarif golongan I turun sebesar Rp19.000 sedangkan golongan V turun sebesar Rp 64.500," ujarnya dalam siaran pers, Sabtu (15/9/2018).

Dengan demikian, konsep integrasi jelas bukan untuk menaikkan (tarif) justru turun. Tujuan integrasi adalah menurunkan biaya logistik. 

Apabila ruas itu diintegrasikan tarif golongan I turun menjadi Rp15.000 dari tarif sebelumnya Rp34.000, sedangkan golongan IV-V turun menjadi Rp30.000, dari tarif sebelumnya Rp79.000 sampai dengan Rp94.500.

Dengan adanya pemberlakukan integrasi JORR, pengguna jalan tol Ruas Tol Ulujami-Pondok Aren dari Bintaro Viaduct yang menuju Bintaro tetap membayar tarif tol Ulujami-Pondok Aren dengan tarif golongan I senilai Rp3.000.

Untuk pengguna jalan tol Ruas Tol Ulujami-Pondok Aren yang menuju Ulujami akan membayar tarif tol integrasi JORR sebesar Rp 15.000.

"Atau naik Rp 2.500,- dibanding tarif saat ini sebesar Rp 12.500,- (Tarif JORR+Tarif Ulujami-Pondok Aren)," ucap Basuki.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

tol jorr
Editor : Saeno
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top