Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Ini Komitmen Bos Baru Pertamina Nicke Widyawati

"Target besarnya cukup satu saja, bagaimana peran Pertamina untuk mendorong menciptakan kemandirian energi nasional, itu kalau dijabarkan banyak," ungkap Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati.
Rinaldi Mohammad Azka
Rinaldi Mohammad Azka - Bisnis.com 29 Agustus 2018  |  17:37 WIB
Menteri ESDM Ignasius Jonan (kanan) bersama Plt Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati melakukan kunjungan ke proyek Refinery Development Master Project (RDMP) Refinery Unit V Balikpapan, Kalimantan Timur, Kamis (26/4/2018). - ANTARA/Rivan Awal Lingga
Menteri ESDM Ignasius Jonan (kanan) bersama Plt Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati melakukan kunjungan ke proyek Refinery Development Master Project (RDMP) Refinery Unit V Balikpapan, Kalimantan Timur, Kamis (26/4/2018). - ANTARA/Rivan Awal Lingga

Bisnis.com, JAKARTA - Kementerian BUMN baru saja menetapan Pelaksana Tugas (Plt) Dirut PT Pertamina (Persero) Nicke Widyawati menjadi Direktur Utama BUMN energi tersebut. Sebagai bos baru, Nicke mengungkapkan komitmennya guna membuat Indonesia mandiri di sektor energi.

Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati, mengungkapkan komitmen utamanya sebagai Dirut baru adalah mendorong kemandirian energi nasional.

"Target besarnya cukup satu saja, bagaimana peran Pertamina untuk mendorong menciptakan kemandirian energi nasional, itu kalau dijabarkan banyak," ungkapnya di Kantor Kemenko Perekonomian, Rabu (29/8/2018).

Lebih lanjut, Nicke mengatakan ada dua hal yang menjadi komitmennya. Pertama, peningkatan produksi hulu dan penyerapan domestik ditambah supaya impor BBM turun.

Kedua, pembangunan kilang, baik kilang baru maupun menambah kapasitas kilang yang sudah ada. Ini lanjutnya, berujung juga untuk mengurangi impor dari produk kilang dan BBM

"Saat ini kita ada 4 yang RDMP [refinery development master plan expansion] dan ada 2 yang baru. Nanti kan kita ada prioritasnya, tahun ini yang siap kita tingkatkan Balikpapan, itu ada detailnya," jelasnya.

Menurutnya, inti dari kebijakan itu guna meningkatkan peran Pertamina dalam mencapai kemandirian energi nasional. "Selama ini kan kita di sisi hulu (crude) masih impor, di sisi product juga, itu pesannya," imbuhnya.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pertamina
Editor : Fajar Sidik

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top