Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pengelolaan Bandara di Lampung & Bengkulu Dialihkan ke BUBU

Bandara Fatmawati Soekarno dan Bandara Radin Inten II biasanya digunakan untuk melayani kepentingan umum yang dioperasikan oleh Unit Penyelenggara Bandar Udara (UPBU).
Bandara
Bandara

Bisnis.com, JAKARTA - Direktorat Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan mengalihkan pengelolaan Bandara Fatmawati Soekarno di Bengkulu dan Bandara Radin Inten II di Lampung kepada Badan Usaha Bandar Udara (BUBU).

Pelaksana Tugas Direktur Jenderal Perhubungan Udara, M. Pramintohadi Sukarno menjelaskan Bandara Fatmawati Soekarno dan Bandara Radin Inten II biasanya digunakan untuk melayani kepentingan umum yang dioperasikan oleh Unit Penyelenggara Bandar Udara (UPBU).

"Guna meningkatkan pelayanan kepada pengguna jasa bandara dan meningkatkan peran sektor udara dalam mendorong pariwisata, maka perlu untuk melibatkan pihak yang lebih berpengalaman untuk mempercepat peningkatan pelayanan melalui pengelolaan bandara yang lebih profesional," kata Pramintohadi dalam siaran pers, Selasa (28/8/2018).
 
Dia menambahkan pemerintah telah menandatangani kesepakatan guna merencanakan kerja sama dan menyusun kajian pengalihan pengelolaan kedua bandara tersebut meliputi pemanfaatan barang milik negara dengan pola kerja sama pemanfaatan (KSP).

Kesepakatan bersama ini, lanjutnya, berlaku sampai dengan 31 Desember 2018 terhitung sejak tanggal ditandatangani. Kesepakatan dapat diperpanjang atas kesepakatan kedua pihak, yakni Ditjen Perhubungan Udara dan BUMN pengelola bandara selaku BUBU.

Pramintohadi menjelaskan ruang lingkup kesepakatan bersama meliputi kesepakatan untuk mengeksplorasi peluang kerja sama bandara yang berkelanjutan dengan menyusun proposal, termasuk di dalamnya rencana investasi sesuai Rencana Induk Bandar Udara.

Selanjutnya, Kementerian akan mengevaluasi proposal tersebut secara berjenjang dengan menyampaikan hasil kajian kerja sama dimaksud kepada Menteri Keuangan guna mendapatkan ijin prinsip penggunaan barang milik negara dengan pola kerja sama pemanfaatan.

Pihaknya berharap BUMN pengelola bandara terus menjaga dan meningkatkan kualitas pelayanannya kepada pengguna jasa dan dapat memelihara fasilitas yang ada agar dapat dimanfaatkan secara maksimal dan berdaya guna.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Fajar Sidik

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper