Emirates Operasikan 33 Penerbangan Tambahan Pada Musim Haji

Menyambut musim haji tahun ini maskapai penerbangan Emirates berencana mengoperasikan penerbangan tambahan ke Jeddah dan Madinah. Penambahan penerbangan itu dimaksudkan untuk membantu memfasilitasi jemaah haji ke dan dari Kerajaan Arab Saudi.
Saeno | 20 Juli 2018 18:01 WIB
Ilustrasi - Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - Menyambut musim haji tahun ini maskapai penerbangan Emirates berencana mengoperasikan penerbangan tambahan ke Jeddah dan Madinah. Penambahan penerbangan itu dimaksudkan untuk membantu memfasilitasi jemaah haji ke dan dari Kerajaan Arab Saudi.

"Emirates akan mengoperasikan 33 penerbangan tambahan ke Jeddah dan Madinah mulai dari 6 hingga 31 Agustus untuk mendukung perjalanan Jemaah Haji melakukan perjalanan ke Tanah Suci Mekkah selama masa Ibadah Haji tahun ini," demikian keterangan resmi Emirates, diterima Jumat (20/7/2018).

Dari Indonesia jumlah jemaah haji pada tahun ini diperkirakan mencapai 1.900  orang.

Emirates menyebutkan pasar terbesar lainnya yang akan memberangkatkan jemaah hajinya ke Arab Saudi adalah Pakistan, Senegal, Amerika Serikat, Inggris, Australia, Pantai Gading, dan Nigeria.

Layanan haji dari Emirates akan dilakukan bersamaan dengan penerbangan reguler Emirates ke Jeddah dan Madinah. Layanan penerbangan tambahan ini tersedia bagi pemegang visa Haji yang masih berlaku.

“Perjalanan Haji adalah perjalanan yang luar biasa bagi umat Muslim yang akan memberikan sebuah pengalaman yang tidak terlupakan bagi mereka, dan kami memperkirakan akan ada sebanyak 25.000 jemaah Haji yang terbang dengan Emirates tahun ini," ujar Adil Al Ghaith, Senior Vice President Emirates untuk Commercial Operations, Gulf, Middle East and Iran.

Ia menyebutkan, dengan permintaan yang tinggi terhadap perjalanan udara selama periode ini, Emirates menyediakan penerbangan ekstra untuk memastikan penerbangan yang lancar bagi jemaah yang melakukan perjalanan ke Tanah Suci Mekkah.

"Selama perjalanan, kami ingin memberikan pengalaman terbaik bagi pelanggan kami yang sejalan dengan pilar keimanan mereka, khususnya selama periode penting ini,” ujarnya.

Selama di bandara di Dubai, Emirates telah menyiapkan tim bandara khusus yang akan ditugaskan untuk memfasilitasi setiap penumpang selama di darat untuk Ibadah Haji. Akan tersedia juga meja check-in dan transfer yang khusus melayani jemaah Haji saat transit di Dubai.

Sementara itu, selama penerbangan, Emirate merencanakan beberapa insiatif untuk menjaga nilai-nilai dan tradisi yang dipegang oleh jemaah haji. "Beberapa fasilitas ekstra akan disediakan untuk mengakomodasi kebutuhan jemaah haji seperti wudhu, mengingatkan penumpang tentang Al Miqat dan Ihram (fase di saat jemaah
memasuki keadaan yang suci), dan pengaturan lainnya yang akan mempermudah perjalanan setiap jemaah," ujarnya.

Selain itu, sistem peraih-penghargaan ICE juga akan menampilkan video spesial ibadah haji yang membahas keamanan, formalitas haji, serta informasi mengenai pelaksanaan ibadah haji. Jemaah juga bisa menampilkan saluran Al Quran.

Pada penerbangan dari Jeddah, jemaah haji dapat membawa hingga 5 liter air suci Zamzam yang bisa ditempatkan di area khusus pada kargo. Seperti pada penerbangan Emirates lainnya, setiap jemaah haji bisa menikmati tambahan kapasitas bagasi Emirates hingga 35 kg untuk kelas ekonomi, 40 kg untuk kelas bisnis, dan 50 kg untuk kelas utama.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
emirates, Ibadah Haji

Editor : Saeno

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top