Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rencana Bank Beri KPR DP 0%: Akad Kredit Bisa Lebih Cepat

Pengembang merespons baik rencana perbankan memberikan fasilitas uang muka atau Down Payment (DP) sebesar 0% menyusul keputusan Bank Indonesia yang merelaksasi kebijakan Loan to Value yang akan berlaku 1 Agustus 2018.

Bisnis.com, JAKARTA – Pengembang merespons baik rencana perbankan memberikan fasilitas uang muka atau Down Payment (DP) sebesar 0% menyusul keputusan Bank Indonesia yang merelaksasi kebijakan Loan to Value yang akan berlaku 1 Agustus 2018.

Direktur PT Metropolitan Land Tbl, Olivia Surodjo mengatakan akan bertemu dengan pihak perbankan terkait untuk membicarakan penetapan kebijakan besaran DP bersama.

“Kami harus bertemu dengan semua bank yang sudah MOU dengan Metland untuk merubah MOU dan menetapkan kebijakan DP bersama karena itu tergantung manajemen risiko setiap bank,” ujar Olivia kepada Bisnis, Senin (2/7/2018).

Olivia menuturkan terdapat kemungkinan peralihan penggunaan KPR oleh pembeli dibandingkan cicilan bertahap atau inhouse instalment jika besaran DP dapat diperkecil.

“Karena semakin besar DP, akan semakin lama juga mereka mencicil DP Ke kami [pengembang] sebelum ke KPR. Apabila DP semakin kecil, otomatis semakin cepat mereka akad di bank,” tutur Olivia.

Selain itu, Olivia juga mengatakan pelonggaran besaran uang muka juga akan mempengaruhi pasokan hunian ke depannya.

“Selama permintaan kuat akibat penurunan DP, maka pasokan juga bisa meningkat. Yang pasti Ada percepatan pembangunan juga,” papar Olivia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Finna U. Ulfah

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper