Libur Lebaran: Ancol Targetkan 1,15 Juta Pengunjung

Pengelola kawasan wisata pantai Ancol Taman Impian optimistis dapat meraih target pengunjung hingga 1,15 juta orang pada periode libur lebaran tahun ini, meningkat dari realisasi tahun lalu sebesar 1,03 juta pengunjung.
Deandra Syarizka | 19 Juni 2018 18:33 WIB
Wahana Dragon Race di Atlantis Water Adventure Ancol - Nur Faizah al Bahriyatul Baqiroh

Bisnis.com, JAKARTA — Pengelola kawasan wisata pantai Ancol Taman Impian optimistis dapat meraih target pengunjung hingga 1,15 juta orang pada periode libur lebaran tahun ini, meningkat dari realisasi tahun lalu sebesar 1,03 juta pengunjung.

Corporate Communication Ancol Taman Impian Rika Lestari mengaku dengan panjangnya durasi liburan menyebabkan jumlah pengunjung cenderung tersebar dan tidak menumpuk pada periode H-2 hingga H+2 seperti tahun lalu. Seperti diketahui, pada tahun ini libur anak sekolah berakhir pada 24 Juni, atau H+9 lebaran.

“Dengan durasi liburan tentu ada pengaruhnya terhadap jumlah kunjungan, tetapi secara umum jumlahnya  [pengunjung selama periode H-2 hingga H+2 lebaran] mendekati tahun lalu,” ujarnya, Selasa (19/6/2018).

Mengutip data Ancol Taman Impian, total sementara jumlah pengunjung kawasan tersebut sejak H-1 lebaran atau Kamis (14/06) hingga H+3 atau Senin (19/06) sebesar 404.619 orang, di mana terdapat 63.833 mobil dan 48.332 motor. Jumlah tersebut justru menurun dari realisasi tahun lalu, di mana pada H-1 hingga H+3 lebaran jumlah pengunjung mencapai 434.870 orang.

“Pemberian cuti bersama dan libur sekolah yang cukup panjang membuat jumlah pengunjung tersebar dan bertambah di hari-hari selanjutnya,” jelasnya.

Meski demikian, secara kumulatif total jumlah pengunjung terus bertumbuh setiap tahunnya. Tercatat pada 2016, jumlah pengunjung Ancol pada periode lebaran mencapai 811.556 orang, dan bertambah menjadi 1,036 juta orang pada 2017, dan ditargetkan meningkat menjadi 1,15 juta pada 2018.

Dia menambahkan, tingginya animo masyarakat yang berwisata ke kawasan Ancol didukung dengan beragam acara dan hiburan yang disediakan Manajemen Ancol. Seluruh unit rekreasi Ancol menyuguhkan acara yang menarik dan menghibur antara lain atraksi jetski dan flying board di pantai lagoon, pertunjukan internasional Dragon Ball Z di Dunia Fantasi, pertunjukan penyelam bermain bola (juggling ball) di dalam akuariun utama seaworld ancol, festival Kampung Budaya Betawi di Pasar Seni, sampai pertunjukan sulap oleh Tim pesulap ternama Deny Darco di Ocean Dream Samudra.

Rika menyatakan,  pengunjung yang suka berwisata di sore dan malam hari dapat menikmati indahnya dekorasi lampu di sepanjang kawasan pantai lagoon. Atraksi flyingboard juga makin menarik karena ditambah ornamen lampu. Tidak hanya itu, berwisata bahari menggunakan perahu wisata menyusuri pantai Ancol makin syahdu dengan lampu-lampu penerangan di perahu tersebut.

“Dengan beragam hiburan dan acara yang disajikan serta keamanan dan kebersihan yang disiagakan dapat dipastikan Manajemen Ancol siap menyambut ribuan pengunjung dan tetap melayani pengunjung yang ingin menikmati pantai sampai 24 jam,” jelasnya.

Tag : libur lebaran
Editor : Wike Dita Herlinda

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top