Bandara Semarang dan Yogyakarta Beroperasi 24 Jam Selama Lebaran

Bandara Ahmad Yani di Semarang dan Bandara Adi Sucipto di Yogyakarta akan beroperasi selama 24 jam selama musim sibuk (peak season) Lebaran, yang berlangsung pada 8 - 25 Juni 2018 (H-8 hingga H+10).
Rio Sandy Pradana | 13 Juni 2018 13:06 WIB
Suasana di dalam terminal baru Bandara Internasional Ahmad Yani, Semarang, Jawa Tengah, Kamis (7/6). - Bisnis/Yustinus Andry

Bisnis.com, JAKARTA -- Bandara Ahmad Yani di Semarang dan Bandara Adi Sucipto di Yogyakarta akan beroperasi selama 24 jam selama musim sibuk (peak season) Lebaran, yang berlangsung pada 8 - 25 Juni 2018 (H-8 hingga H+10).

Dirjen Perhubungan Udara Kemenhub Agus Santoso mengatakan dalam keadaan normal, jam operasional Bandara Ahmad Yani Semarang adalah 05.00-21.00 WIB. Adapun, Bandara Adi Sutjipto Yogyakarta adalah 05.00-24.00 WIB.

"Perpanjangan jam operasional dilakukan untuk menampung pergerakan pesawat yang melakukan extra flight," kata Agus, Rabu (13/6/2018).

Dia menilai bandara-bandara di Semarang, Yogyakarta, Solo, dan Surabaya adalah bandara yang paling banyak menerima kedatangan penumpang ekstra flight terutama dari Jakarta.

Sebelumnya, PT Angkasa Pura I (Persero) akan menambah jam operasional sejumlah bandara yang belum beroperasi 24 jam selama periode Lebaran. Penambahan akan bersifat fleksibel artinya tergantung dari permintaan slot terbang maskapai yang melewati batas jam operasional.

Direktur Utama AP I Faik Fahmi mengatakan sebagian bandara yang dikelola telah beroperasi 24 jam. Bandara tersebut adalah Bandara Ngurah Rai di Denpasar, Bandara Juanda di Surabaya, Bandara Sam Ratulangi di Manado, dan Bandara Sultan Hassanuddin di Makassar.

Menurutnya, penambahan jam operasional bisa turut meningkatkan kapasitas bandara. Permintaan penerbangan tambahan yang diajukan maskapai selama periode Lebaran di 13 bandara pengelolaan AP I mencapai 1.500 flight.

Tag : Mudik Lebaran 2018
Editor : Martin Sihombing

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top