Destinasi Wisata Bersiap Sambut Lebaran

Sejumlah destinasi pariwisata mempersiapkan diri untuk menyambut arus wisatawan nusantara pada periode libur lebaran tahun ini.
Deandra Syarizka | 11 Juni 2018 18:26 WIB
Wisatawan berfoto dengan latar pemandangan Dream Beach, Nusa Lembongan, Bali, Rabu (21/3/2018). - JIBI/Rachman

Bisnis.com, JAKARTA—Sejumlah destinasi pariwisata mempersiapkan diri untuk menyambut arus wisatawan nusantara pada periode libur lebaran tahun ini.

 Ketua Tim Percepatan 10 Destinasi Prioritas Kementerian Pariwisata Hiramsyah S. Thaib menjelaskan, salah satu destinasi yang bersiap memetik berkah saat lebaran adalah Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Tanjung Lesung. Menurutnya, aksesibilitas di kawasan tersebut sudah siap dan baik dalam menyambut arus masuk kegiatan lebaran, salah satunya adanya fasilitas penginapan yang tersedia di sepanjang jalan menuju kawasan tersebut. Akomodasi tersedia mulai dari hotel bintang 4, villa, villa plus private pool, cottage, camping ground, hingga akomodasi berkonsep container dan homestay

 Untuk yang terbaru kali ini, Tanjung Lesung menyediakan paket “Joy Flight to Krakatau & Ujung Kulon” by helicopter, di mana para wisatawan bisa melihat keindahan Krakatau dan Ujung Kulon serta Tanjung Lesung dari helicopter,” ujarnya kepada Bisnis.com, baru-baru ini.

 Dia menjelaskan, wisatawan juga diberikan berbagai pilihan wahan permainan laut seperti jestki, banan boat, snorkelling, ATV, sepeda keliling pantai. Selain itu, juga terdapat wahana permainan baru di Tanjung Lesung yaitu Monggolian Culture Center di mana wisatawan dapat menikmati olahraga panahan, berkuda, berfoto, hingga berwisata kuliner, dan berbelanja oleh-oleh.

 Di daerah tersebut, pusat keramaian diprediksi akan terjadi di Tanjung Lesung dan Kabupaten Pandeglang yang memiliki tempat pemandian air panas CIkoromoy, Pantai Carita dan Pantai Anyer, serta Pasir Putih.

 Menurutnya, persiapan pariwisata menyambut lebaran dilakukan oleh dinas pariwisata setempat bekerja sama dengan pemerintah kabupaten Pandeglang, yang telah melakukan koordinasi dengan DInas Perhubungan dan Kepolisian RI. Tak kalah penting, pemda juga telah membentuk Tim Pembinaan Langsung PKL untuk mengatur para pedagang kaki lima dan juga menjaga kebersihan pantai.

 Dia menambahkan, pihaknya juga memprediksi kurang lebih 6.000 wisatawan akan memadati Kepulauan Seribu dan Kota Tua Jakarta terutama pada Hari Raya Idul Fitri tanggal 15-16 Juni.

Pulau yang akan menjadi tujuan wisatawan terutama adalah pulau-pulau pemukiman seperti Pulau Tidung, Pulau Pramuka, Pulau Pari, Pulau Harapan dan Pulau Untung Jawa.

 “Untuk Destinasi Kota Tua Jakarta diprediksi lonjakan pengunjung akan terjadi mulai saat hari pertama Lebaran tanggal 15 Juni dan terus bertambah hingga akhir libur lebaran tanggal 21 Juni. Diperkirakan jumlah pengunjung sebanyak 10.000 pengunjung per hari dan terkonsentrasi di Taman Fatahillah,” ujarnya.

 Sementara, target kunjungan wistawan selama libur lebaran di Kota Yogyakarta pada tahun ini diprediksi naik 10%-15% menjadi sekitar 3,74 juta pengunjung, dari tahun sebelumnya sebesar 3,4 juta pengunjung, baik dari nusantara maupun mancanegara.

 Guna menarik wisatawan, sejumlah kegiatan telah dijadwalkan untuk meramaikan suasana, seperti Grebeg Syawal pada 15 Juni di Masjid Gedhe. Adapun lokasi wisata yang akan dipadati wisatawan antara lain kawasan Malioboro,  Pasar Beringharjo, Benteng Vredeburg, Taman Pintar, Kraton Yogyakarta, Taman Sari, Gembira Loka Zoo dan Kotagede.

 Tak hanya itu, daerah lainnya seperti Wakatobi bahkan menyiapkan festival khusus bernama Potapaki yang akan diselenggarakan pada H+2 atau H+3 lebaran. Potapaki adalah satu pesta rakyat yang dikhususkan untuk menyambut parap erantau yang pulang ke desanya.  Festival ini diselenggarakan setiap tiga tahun sekali, dan terakhir digelar pada 2015 lalu.

 

Tag : pariwisata
Editor : Wike Dita Herlinda

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top