Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Kondisi Jalur Mudik Lebaran Tahun Ini di Jawa Lebih Baik

Saat memasuki masa mudik Lebaran 2018, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat menyatakan bahwa kondisi jalan arteri nasional, jalan tol fungsional, dan operasional di Jawa dapat digunakan pemudik dengan aman, nyaman, selamat, dan efisien dari sisi waktu tempuh.
Irene Agustine
Irene Agustine - Bisnis.com 10 Juni 2018  |  14:32 WIB
Pemudik menggunakan sepeda meminta petunjuk arah kepada petugas Dishub saat melintas di jalur Pantura Losarang, Indramayu, Jawa Barat, Jumat (8/6/2018). - ANTARA/Dedhez Anggara
Pemudik menggunakan sepeda meminta petunjuk arah kepada petugas Dishub saat melintas di jalur Pantura Losarang, Indramayu, Jawa Barat, Jumat (8/6/2018). - ANTARA/Dedhez Anggara

Bisnis.com, JAKARTA — Saat memasuki masa mudik Lebaran 2018, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat menyatakan bahwa kondisi jalan arteri nasional, jalan tol fungsional, dan operasional di Jawa dapat digunakan pemudik dengan aman, nyaman, selamat, dan efisien dari sisi waktu tempuh.

Kepala Biro Komunikasi Publik Kementerian PUPR Endra S. Atmawijaya menyatakan bahwa sampai dengan pelaksanaan mudik hari ini, panjang tol Jakarta—Surabaya yang dapat dilalui pemudik lebih panjang dan kondisi struktur jalan lebih baik dari tahun lalu.

Total panjang tol Jakarta—Surabaya mencapai 760 kilometer dengan kondisi operasional sepanjang 525 kilometer, dan fungsional sepanjang 235 km.

"Kementerian PUPR bersama kementerian dan lembaga terkait, Kepolisian RI, dan badan usaha jalan tol terus berupaya memberi pelayanan mudik Lebaran 2018 yang lebih baik dari tahun sebelumnya, terutama dari sisi kesiapan prasarana dan infrastruktur," kata Endra melalui siaran pers, Minggu (10/6/2018).

Apalagi, terdapat penambahan sejumlah ruas jalan tol dan preservasi pada ruas jalan nasional pada tahun ini, termasuk jalur pantai utara, lintas tengah, dan pantai selatan Jawa dengan total panjang 1405 kilometr.

Dengan begitu, pemudik memiliki rute alternatif dan tidak hanya mengandalkan pada jalan tertentu sehingga diharapkan perjalanan menjadi lebih lancar dan waktu tempuh menjadi lebih efisien.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Mudik Lebaran jalur mudik
Editor : Zufrizal

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

To top