Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

HARI LINGKUNGAN, PLN Siapkan Rp4,6 Miliar untuk Tanam 32.000 Pohon

Dalam memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia pada 5 Juni 2018, PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) melaksanakan penanaman pohon yang dilaksanakan di wilayah operasional perseroan di seluruh Indonesia dengan target 32.000 pohon.

Bisnis.com, JAKARTA – Dalam memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia pada 5 Juni 2018, PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) melaksanakan penanaman pohon yang dilaksanakan di wilayah operasional perseroan di seluruh Indonesia dengan target 32.000 pohon.

Untuk di Jakarta, lokasi yang melaksanakan penanaman pohon ada di Kampung Iklim, Lenteng Agung, Jakarta Selatan; Bantaran Sungai Ciliwung, Tebet, Jakarta Selatan; dan RPTRA Bambu Kuning, Palmerah, Jakarta Barat dengan masing-masing lokasi menanam 1.000 pohon.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut di RPTRA Bambu Kuning, Kelurahan Kota Bambu, Kecamatan Palmerah, Jakarta Barat, yaitu Direktur Human Capital Management PLN Muhamad Ali, General Manager PLN Pusat Enjiniring Ketenagalistrikan Didik Sudarmadi dan Sekretaris Kecamatan Palmerah Bambang Suyatna.

Ali menyatakan bahwa aksi program penanamam pohon ini sebagai wujud kepedulian dan tanggung jawab PLN terhadap penyelamatan lingkungan.

"PLN sebagai perusahaan yang bergerak di bidang energi listrik tentu harus bertanggung jawab melestarikan lingkungan sekitar. Program penanaman pohon ini dilakukan secara berkala oleh seluruh unit di PLN. Semoga program ini juga dapat menunjang unit-unit PLN dalam peraihan PROPER dari KLHK sehingga dapat mempertahankan gelar PROPER Hijau dan bahkan memotivasi untuk memperoleh PROPER Emas," tutur Ali, Selasa (5/6/2018).

Ali berharap agar warga Keluruhan Kota Bambu dapat menjaga dan merawat pohon-pohon tersebut dan dapat memanfaatkan tanaman lainnya untuk ditanam di lingkungan sekitar.

“Saya harap, bantuan 1.000 pohon ini bisa hidup. Karena disamping memberikan pohon, kita juga memberikan bantuan biaya perawatan agar pohon ini bisa hidup. Di Kelurahan Kota Bambu ini, posisinya sangat padat maka nanti perlu diberikan bantuan tanaman hidroponik agar bisa bermanfaat bagi keluarga tersebut yang ditempati. Kalau tidak dijual, minimal untuk dikonsumsi sendiri,” kata Ali.

Program penanaman pohon yang merupakan program PLN Peduli (CSR PLN) ini sebagai bentuk kepedulian PLN terhadap lingkungan mencegah efek rumah kaca dan mengurangi pemanasan global. Program ini juga mengajak stakeholder PLN, masyarakat dan akademisi untuk ikut bersama menjaga lingkungan hidup.

Pada kesempatan tersebut, Sekretaris Kecamatan Palmerah Bambang Suyatna mengatakan bahwa setelah bantuan dari PLN ini warga perlu terus komit untuk melestarikan 1.000 pohon tersebut demi lingkungan yang lebih hijau.

“Dengan kehadiran PLN, kami ucapkan terimakasih. Mudah-mudahan setelah nanti sumbangan pohon akan jadi stimulan bagi Kecamatan Palmerah. Inilah bentuk kepedulian PLN dalam menciptakan lingkungan sejuk di wilayah padat. Dalam kesempatan baik ini, akan difokuskan di RW 09, akan dibuatkan tatakan dari baja ringan. Kami berpesan kepada warga, begitu sudah dibantu PLN, ayo sama2 kita jaga, kita rawat, kita siram. Jangan hanya senang dikasih, tapi rasa memilikinya tidak ada,” ujar Bambang.

Untuk jenis tanaman yang diprioritaskan pada program ini adalah jenis tanaman produktif, tanaman khas lokal dan tanaman yang dapat mengurangi pencemaran. Lokasi penanaman pohon ini fokus pada wilayah sekitar PLN dan lokasi masyarakat umum, seperti pesisir laut, sempadan sungai, lahan gundul, dan lainnya.

Total dana yang digelontorkan PLN Peduli untuk penanaman 32.000 pohon sebesar Rp 4,64 miliar. Dana tersebut selain untuk penanaman pohon dipergunakan pula untuk pemeliharaan pohon agar tetap tumbuh dengan baik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Sepudin Zuhri
Editor : Sepudin Zuhri

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper