Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Bumiwangi Kembangkan Wisata Bukit Cula, BUMDes Diharap Tingkatkan PAD

Warga di Desa Bumiwangi, Kecamatan Ciparay, Bandung Jawa Barat, bertekat mengembangkan area Wisata Bukit Cula. Badan usaha milik desa (BUMDes) diharapkan menjadi pengelola sehingga dapat menambah pendapatan desa.
Desa Bumiwangi, Kecamatan Ciparay, Bandung. /Bisnis.com
Desa Bumiwangi, Kecamatan Ciparay, Bandung. /Bisnis.com

Bisnis.com, JAKARTA — Warga di Desa Bumiwangi, Kecamatan Ciparay, Bandung, bertekat mengembangkan area Wisata Bukit Cula. Badan usaha milik desa (BUMDes) diharapkan menjadi pengelola sehingga dapat menambah pendapatan desa.

Kepala Desa Bumiwangi, Rudi menyampaikan bahwa sekitar 20 hektar area Wisata Bukit Cula akan dibentuk konservasi alam untuk pemulihan alam dan menahan erosi tanah serta bekal anak cucu di masa mendatang.

"Bukit Cula ini kami harus rawat dan pulihkan dari sakit. Pemerintah Desa Bumiwangi dan warga telah berkomitmen agar Bukit Cula ini menjadi indah, aman, nyaman dan tampak lingkungan hijaunya tertata dengan baik," katanya dalam siaran pers Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, Minggu (3/6/2018).

Dana desa, katanaya, akan digunakan khususnya untuk kegiatan padat karya tunai, terutama untuk mengembangkan area Wisata Bukit Cula dengan pembukaan akses jalan.

Rudi mengatakan bahwa Bukit Cula yang menjadi potensi wisata dipastikan akan dikelola oleh BUMDes agar dapat meningkatkan perekonomian desa.

"Sebagai wisata alam, Bukit Cula ini akan dikelola oleh BUMDes agar pendapatan desa juga meningkat. Ke depan kami akan kembangkan juga area untuk wisata edukasi, embung, dan wisata minimalis di kawasan Bukit Cula," katanya.

Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Eko Putro Sandjojo menilai bahwa potensi desa wisata itu besar sekali, sehingga pengembangan Wisata Bukit Cula tepat dilakukan.

"Oleh karena itu, kami  harapkan peran dari BUMDes untuk turut mengembangkan potensi ini agar dapat menambah pendapatan bagi desanya," kata Mendes di Desa Bumiwangi.

Kedatangan Mendes Eko di Desa Bumiwangi dalam rangka meninjau program padat karya tunai dengan anggaran dari dana desa yang dilakukan oleh warga. Salah satunya berupa pembangunan pembukaan jalan area wisata Bukit Cula dengan panjang 800 meter dan lebar 3 meter selama 6 hari.

Mendes Eko menyakini dengan pengelolaan wisata Bukit Cula oleh BUMDes akan berdampak pada perekonomian di Desa Bumiwangi dan meningkatkan pendapatan ekonomi masyarakat desa setempat.

Dalam kunjungan meninjau program padat karya tunai ke Desa Bumiwangi, Mendes Eko turut memberikan bantuan kepada 10 BUMDes di Kecamatan Ciparay masing-masing sebesar Rp50 juta.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Fatkhul Maskur
Editor : Fatkhul Maskur
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper