Bandara Kertajati Siap Digunakan Mudik Lebaran 2018

Kementerian Perhubungan menyatakan Bandara Kertajati siap digunakan untuk mudik lebaran 2018.
Dewi Aminatuz Zuhriyah | 23 Mei 2018 20:05 WIB
Loading the player ...
Bandara Internasional Jawa Barat Kertajati (BIJB) di Majalengka, Jawa Barat siap beroperasi pada 24 Mei 2018. BIJB menjadi bandara terbesar ke/2 di Indonesia, setelah Soekarno Hatta. Seperti apa kemegahan BIJB?

Bisnis.com, JAKARTA – Kementerian Perhubungan menyatakan Bandara Kertajati  siap digunakan untuk mudik lebaran 2018. 

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan sudah ada tiga maskapai swasta yang membuka jalur penerbangan dari dan ke bandar udara yang terletak di Majalengka, Jawa Barat itu.

"Sudah bisa digunakan mudik, kira-kira sudah beroperasi 10 hari sebelum arus mudik [dimulai]," kata Budi Karya hari ini  Rabu (23/5/2018). 

Dalam hal ini, tiga maskapai yang membuka rute dari dan ke bandara Kertajati yaitu Lion Air, Citilink, dan Wings Air.

"Citilink rutenya ke Surabaya, Lion ke Bali kalau Wings gak tau, saya lupa."  

Ada pun pada 24 Mei besok untuk pertama kalinya akan ada penerbangan perdana ke bandara tersebut yang dilakukan oleh Presiden Joko Widodo.  

"Bandara Kertajati besok [Kamis 24/5/2018] itu penerbangan perdana bukan peresmian. Jadi pak Presiden akan landing kemudian ada kegiatan di sana. Besok karena memang secara internasional Kertajati sudah diakui sebagai salah satu bandara." 

Untuk diketahui, progres pembangunan sisi udara BIJB yang mencakup landasan pacu, apron, taxi way, dan air traffic control (ATC) sudah rampung seluruhnya. Adapun, progres sisi darat per 24 April 2018 secara keseluruhan telah mencapai 95%.

Sebelumnya, Kemenhub telah menawarkan sejumlah rute dari enam kota ke beberapa maskapai penerbangan. Enam kota tersebut, yakni Medan, Surabaya, Denpasar, Makassar, dan Samarinda atau Balikpapan.

Dirjen Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan Agus Santoso sebelumya mengatakan sedang mempersiapkan analisis destinasi asli (origin destination) dari masyarakat Jawa Barat yang sebelumnya menggunakan bandara lain.

Pada 24 Mei 2018 besok, Ditjen Perhubungan Udara akan merilis rute dan maskapai yang bisa terbang dari BIJB.

Tag : bandara kertajati
Editor : Sutarno

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top