Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

BELANJA RAMADAN: Simak 6 Tips Borong Produk Lewat Online

Bagi Anda yang suka berbelanja daring (online), tentu sudah menantikan promo Ramadan yang diadakan oleh platform e-commerce dan marketplace.
Belanja online/Ilustrasi
Belanja online/Ilustrasi

Bisnis.com, JAKARTA-- Bagi Anda yang suka berbelanja daring (online), tentu sudah menantikan promo Ramadan yang diadakan oleh platform e-commerce dan marketplace.

Akan tetapi, Anda perlu bijak dan cermat untuk mendapatkan harga terbaik serta mendapatkan manfaat dari program promo tersebut. Indra Yonathan, Country Head of ShopBack Indonesia berkomitmen untuk senantiasa membantu masyarakat untuk dapat belanja online dengan bijak dan cermat.

"Kami juga membuat masyarakat berhemat dan sekaligus menabung saat belanja online, tentunya dengan adanya cashback yang kami berikan," kata Indra dalam rilis, Sabtu (19/5/2018).

Pihaknya memiliki beberapa tips untuk belanja di platform online selama Ramadan:

1. Pilih Toko yang Sudah Terautorisasi
Takut akan produk yang palsu atau penipuan menjadi salah satu alasan mengapa masih ada beberapa orang masih enggan untuk berbelanja online. Untuk menghindari hal ini, sebaiknya kamu lebih teliti memilih toko-toko yang ada di platfrom marketplace, seperti Tokopedia, Lazada dan Shopee.

Biasanya platform marketplace memberikan tanda atau simbol toko mana yang sudah terautorisasi dan mana yang belum. Toko online yang telah mendapatkan tanda autorisasi ini sudah terjamin keaslian dan pelayanannya.

2. Selalu Lihat Rating dan Kolom Ulasan Produk
Jika kamu masih tetap ragu akan keaslian produk walaupun sudah mengunjungi toko yang sudah terautorisasi. Sempatkan waktu kamu untuk melihat rating serta membaca setiap review atau ulasan produk dari pelanggan sebelumnya. Dari ulasan tersebut kamu bisa memperkirakan kualitas dari barang tersebut.

3. Aktifkan Push Notification Aplikasi Belanja Online
Bagi kamu yang tidak suka menerima newsletter, karena akan membuat kotak masuk surel kamu penuh, tidak ada salahnya aktifkan push notification aplikasi belanja online yang kamu miliki. Push Notification dapat berfungsi sebagai pengingat, jadi kamu tidak ketinggalan jika ada promo flashsale selama bulan Ramadan dari platform e-commerce favorite kamu.

4. Cermati Promo dengan Bijak dan Sesuai Kebutuhan
Selama Ramadan ini, banyak platform belanja online yang memberikan beragam program diskon, bahkan ada yang sampai memberikan potongan harga hingga 90%. Namun, tentunya konsumen jangan terbuai dengan promo yang diberikan.

Konsumen harus cermat dan teliti memilih platform mana yang mampu memberikan harga terbaik. Bandingkan setiap harga akhir setelah potongan diskon di setiap platform belanja online tersebut.

5. Manfaatkan Jam “Ngabuburit” dan Sahur
Berdasarkan studi terbaru Shopback masyarakat Indonesia lebih banyak mengunjungi platform e-commerce pada pukul 16.00 -17.00 WIB, jam-jam dimana masyarakat menunggu waktu berbuka puasa. Waktu ini turut dimanfaatkan pelaku e-commerce untuk menggaet lebih banyak lagi konsumen. Salah satunya dengan memberikan promo menarik atau kuis spesial Ramadan yang memberikan voucher belanja hingga ratusan ribu rupiah.

Begitu pun halnya dengan waktu Sahur, ada beberapa e-commerce yang menawarkan promo khusus saat sahur.

6. Pilih Metode Pembayaran yang Tepat
Saat ini platrom e-commerce memberikan beragam pilihan metode pembayaran untuk mempermudah konsumen untuk melakukan transaksi. Platform e-commerce bahkan bekerja sama dengan berbagai bank besar di Indonesia untuk memberikan potongan harga serta program cicilan dengan bunga rendah. Bahkan ada platform e-commerce yang menyediakan program cicilan tanpa harus memiliki kartu kredit dari bank rekanan.

Kuncinya, perhatikan platform belanja online yang memberikan diskon seuai dengan kartu yag dimiliki. Jika masih ragu akan keamanan kartu bank, Kamu bisa memilih metode pembayaran di tempat atau Cash on Delivery (COD).

"Dengan mengikuti keenam tips ini, pengguna tidak perlu khawatir akan over spending saat berbelanja online. Cermat dalam memilih serta bijak dalam membuat keputusan menjadi kunci untuk mendapatkan keuntungan saat berbelanja di bulan yang penuh berkah ini," ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper