Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Transaksi UKM Binaan Kemenkop di Inacraft Capai Rp3 Miliar

Sebanyak 14 UKM yang difasilitasi Kemenkop & UKM pada Jakarta International Handicraft Trade Fair (Inacraft) 2018 mendapatkan penjualan ritel sampel produk sebesar Rp497,8 juta.
Ilustrasi produk Inacraft/Antara
Ilustrasi produk Inacraft/Antara

Bisnis.com, JAKARTA - Sebanyak 14 usaha kecil dan menengah (UKM) yang difasilitasi Kemenkop & UKM pada Jakarta International Handicraft Trade Fair (Inacraft) 2018 mendapatkan penjualan ritel sampel produk sebesar Rp497,8 juta.

Selain itu, terdapat transaksi order potensial sebesar Rp2,58 miliar dari buyer domestik dan buyer internasional sehingga keseluruhannya mencapai Rp3,078 miliar.

I Wayan Dipta, Deputi Produksi dan Pemasaran Kemenkop dan UKM, mengatakan produk-produk yang telah difasilitasi tersebut sangat mampu berkompetisi di pasar global. "Produk-produk tersebut juga sudah masuk ke pasar internasional,” ujarnya pada Senin (30/4/2018).

Kemenkop dan UKM pada 2018 ini berpartisipasi kembali di Inacraft ke-20 dengan memberikan fasilitas kepada 14 UKM unggulan yang berasal dari Jawa Barat, Jakarta, Banten, Jawa Tengah, Yogyakarta, Bali, Jawa Timur, dan Kalimantan Tengah.

Sejumlah UKM yang difasilitasi oleh Kementerian Koperasi dan UKM juga memenangi kompetisi Inacraft 2018 dalam berbagai kategori.

UKM binaan Kemenkop & UKM ini menyajikan berbagai inovasi desain dengan konsep eco friendly and sustainable.

UKM yang memenang kompetisi di Inacraft 2018 di antaranya Mohoi (Juara 1 Emerging Talent), Ruaya (Juara 1 Best Product Kategori Kayu), Studio Hiji (Juara 2 Best Product Kategori Kayu), Janédan (Juara 1 Best Product Kategori Kulit), dan Alur Bambu (Juara 3 Best Product Kategori Serat Alam).

Kemenkop dan UKM berharap bahwa para UKM Indonesia yang inovatif tersebut dapat meningkatkan iklim kompetitif yang makin mendorong lahirnya inovasi produk baru khususnya di bidang kerajinan.

“Produk bisa dikategorikan sebagai unggulan apabila memiliki desain yang menarik, inovatif, memiliki ciri khas, dan memajukan kearifan lokal potensi budaya di Indonesia, serta berorientasi pasar internasional,” kata Wayan.

Sementara itu, Herustiati, Asisten Deputi Pemasaran berharap bahwa para UKM Indonesia dapat terus meningkatkan kreativitas dan inovasinya dalam pengembangan produk sehingga dapat meningkatkan nilai tambah dan daya saing khususnya di pasar internasional.

Inacraft ke-20 dibuka pada 25 April 2018 di Assembly Hall, Jakarta Convention Center oleh Wakil Presiden Jusuf Kalla bersama Mufidah Jusuf Kalla, serta didampingi Menteri Koperasi dan UKM AAGN Puspayoga dan Kepala Badan Ekonomi Kreatif Triawan Munaf.

Inacraft 2018 mengangkat tema The Loftiness of North Sumatra yang mengangkat budaya Sumatra Utara sebagai ikon pameran tersebut. Inacraft adalah pameran kerajinan terbesar di Asia Tenggara yang digelar setiap tahun.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Agne Yasa

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper