Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

ExxonMobil Beli Produsen Pelumas di Indonesia

ExxonMobil setuju untuk membeli salah satu produsen pelumas untuk sepeda motor terbesar di Indonesia, PT Federal Karyatama sehingga memungkinkan raksasa migas asal Amerika Serikat itu berekapnsi ke pasar internasional.
ExxonMobil/Reuters-Lucas Jackson
ExxonMobil/Reuters-Lucas Jackson

Bisnis.com,  JAKARTA — ExxonMobil setuju untuk membeli salah satu produsen pelumas untuk sepeda motor terbesar di Indonesia, PT Federal Karyatama sehingga memungkinkan raksasa migas asal Amerika Serikat itu berekspansi ke pasar internasional.

Akuisisi tersebut termasuk pelumas merek Federal Oil serta kilang pencampuran berkapasitas 700.000 barel per tahun di Cilegon, Banten. ExxonMobil akan mengakuisisi 100% kepemilikan di perusahaan itu PT Mitra Pinasthika Mustika Tbk. dan afiliasinya.

ExxonMobil berharap transaksi tuntas pada kuartal ketiga tahun ini.

“Asia Pasifik merupakan salah satu pasar pelumas dengan pertumbuhan tercepat di dunia,” kata Bryan Milton, president of ExxonMobil Fuels & Lubricants Company seperti dikutip dari www.businesswire.com, Senin (30/4/2018).

Tidak disebutkan berapa dana yang dikeluarkan ExxonMobil untuk pembelian iut.

PT Federal Karyatama didirikan pada 1988 dan memiliki hampir 40 diler, 3.200 Federal Oil Center, dan 10.000 retailer di Indonesia.

Pada Maret lalu, manajemen ExxonMobil menemui Wakil Presiden Jusuf Kalla. Salah satu yang dibahas adalah rencana investasi di sektor petrokimia.

“Dia [Exxon Mobil] juga tentu membicarakan apa yang dia lakukan, di tempat lain termasuk beberapa dia punya rencana investasi di dalam petrokimia,” ujar Ketua Tim Ahli Wakil Presiden Sofjan Wanandi di Kantor Wakil Presiden, Kamis (22/3/2018).

Sofjan tak memerinci investasi yang dimaksud. Menurutnya, kedatangan manajemen Exxon Mobil pun untuk berterima kasih kepada Pemerintah Indonesia dalam merayakan 120 tahun keberadaanya di Tanah Air.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Zufrizal
Editor : Zufrizal
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper