Sumur Minyak Meledak di Aceh : 11 Orang Tewas, Ini Kronologi Semburan Api 100 Meter

Sumur minyak di Desa Pasir Putih, Kabupaten Aceh Timur, terbakar pada Rabu (25/4/2018) pagi.
Abdul Hadi Firsawan | 25 April 2018 14:27 WIB
Kobaran api membubung tinggi di lokasi kebakaran sumur minyak ilegal di Desa Pasi Puteh, Rantoe Peureulak, Aceh Timur, Aceh, Rabu (25/4/2018). - ANTARA/Maulana

Bisnis.com, BANDA ACEH - Sumur minyak di Desa Pasir Putih, Kabupaten Aceh Timur, terbakar pada Rabu (25/4/2018) pagi.

Akibatnya, sebelas orang meninggal dunia dan 40orang lainnya yang luka berat dirawat di Rumah Sakit Abdul Aziz, Rumah Sakit Zubir Mahmud, dan Rumah Sakit Graha Bunda.

"Dari material ada lima unit rumah di Desa Pasir Putih yang hangus terbakar," kata Kalak Badan Penanggulangan Bencana Aceh T. Ahmad Dadek.

Pihak BPBA mengerahkan empat unit armada pemadam kebakaran serta dibantu personil TNI, Polri, dan Tim Reaksi Cepat untuk memadamkan api.

Hingga Rabu (25/4/2018) pukul 11.25 WIB, api belum bisa dipadamkan seluruhnya. Karena itu petugas masih siaga di lokasi kejadian kebakaran untuk mengantisipasi kemungkinan kebakaran meluas.

Ahmad menceritakan, kebakaran terjadi sekitar pukul 01.30 WIB. Sebelumnya, pada pukul 00.01 WIB, sumur minyak tradisional di lahan Zainabah mengeluarkan minyak dan gas, warga yang melihat itu mendatangi lahan Zainabah untuk menampung minyak mentah yang mengalami kelebihan produksi dengan drum.

Lalu, pada pukul 01.30 WIB, percikan api tiba-tiba muncul di sekitar lokasi sumur minyak tradisional itu yang langsung menyebabkan kebakaran. Belum diketahui penyebab pasti kebakaran tersebut.

Kebakaran sumur minyak tradisional itu menyebabkan semburan api setinggi 100 meter. Ledakan besar itu menyebabkan puluhan korban di sekitar lokasi tidak sempat menyelamatkan diri.

 

Tag : sumur minyak
Editor : Nancy Junita

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top