Bintan Resorts Bidik 1 Juta Wisatawan Tahun Ini

Bintan Resorts menargetkan kunjungan wisatawan tembus hingga 1 juta orang pada tahun ini, tumbuh 17% dari total kunjungan wisatawan sebesar 850.000 orang pada tahun lalu. Sebanyak 60% dari target tersebut diharapkan berasal dari wisatawan Nusantara.
Deandra Syarizka | 23 April 2018 07:18 WIB
Bintan Resort - Indonesiatravel

Bisnis.com, JAKARTA — Bintan Resorts menargetkan kunjungan wisatawan tembus hingga 1 juta orang pada tahun ini, tumbuh 17% dari total kunjungan wisatawan sebesar 850.000 orang pada tahun lalu. Sebanyak 60% dari target tersebut diharapkan berasal dari wisatawan Nusantara.

Manager Marketing Bintan Resorts International Pte. Ltd Donny Tan menjelaskan pihaknya kini mulai serius membidik potensi wisatawan Nusantara (wisnus) setelah sebelumnya fokus menggarap wisatawan mancanegara (wisman) yang mayoritas asal Singapura. 

“Selama ini, Bintan sudah dikenal sebagai destinasi getaway atau liburan akhir pekan bagi warga Singapura. Sekarang kami ingin warga Indonesia juga dapat menikmatinya. Kami menyadari bahwa potensi pasar domestik ini juga sangat besar,” ujarnya, baru-baru ini.

Untuk itu, pihaknya berencana menggelar roadshow di sejumlah kota untuk mempromosikan paket wisata maupun resor yang terdapat di Pulau Bintan. Selain Jakarta, kota besar lain yang dibidik antara lain Yogyakarta, Bandung, Surabaya, dan Batam.

Selama ini, Donny menilai telah cukup banyak masyarakat Indonesia khususnya dari segmen korporasi yang menjadikan Pulau Bintan sebagai destinasi liburan. Namun, kini pihaknya mengaku juga mengincar segmen keluarga dan generasi muda.

“Kami ingin melihat lebih banyak keluarga Indonesia menikmati Pulau BIntan dan juga milenial. Ada banyak destinasi seperti Telaga Biru, Chrystal Lagoon, dan banyak lokasi foto yang sangat menarik,” sebutnya.

Dari sisi akses, Donny mengungkapkan Pulau Bintan terus mengalami perbaikan. Saat ini, sudah ada jalan tol yang menghubungkan bagian utara dan selatan pulau, serta menghubungkan Tanjung Pinang dan Bintan Resorts. Selain itu, terminal bis pun telah direnovasi.

Dia optimistis kunjungan wisatawan akan semakin terdongkrak manakala Bandara Bintan resmi dijadikan bandara internasional pada 2019.

Sejauh ini, wisman yang banyak berkunjung ke Pulau Bintan antara lain berasal dari China, Singapura, dan India. Tingkat okupansi hotel di kawasan tersebut pun diklaim dapat mencapai 80%-90% saat akhir pekan atau libur panjang,

“Kami ingin memperkenalkan Bintan sebagai twin destination dengan Singapura karena setiap wisatawan yang berkunjung ke Pulau Bintan dapat sekaligus mengunjungi Singapura dalam sehari,” terang Donny.

Pada kuartal I/2018, Bintan Resorts telah membuka tempat-tempat baru seperti rumah imaji. Dengan efek 3D dan latar belakang yang berbeda area, ini mampu menggambarkan warisan budaya Melayu di Kepulauan Riau.

Di samping itu, ada juga paket wisata Bintan Magrove, Vihara Alvalokista yang memamerkan 500 patung yang berbeda-beda, dan paket tur ke Pulau Penyengat di mana pengunjung bisa menjelajah rekam jejak asal muasal bangsa dan adat istiadat Melayu.

Menurutnya, akses menuju Bintan Resorts pun terbilang cukup mudah. Bintan dapat dijangkau dari Jakarta dengan tiga cara. Pertama, naik pesawat langsung Jakarta-Tanjung Pinang.

Kedua, naik pesawat Jakarta-Batam, lalu Batam ke Bintan dengan kapal feri. Ketiga, naik pesawat ke Jakarta-Singapura, lalu naik kapal feri ke Bintan.

Tag : bintan, pariwisata
Editor : Annisa Margrit

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top