Kapal Perintis Buatan Pontianak Dilengkapi Wifi Gratis

Kementerian Perhubungan meluncurkan satu unit kapal perintis tipe 1.200 GT buatan galangan PT Steadfast Marine, Pontianak. Kapal penumpang perintis ini bakal dilengkapi fasilitas internet.
Rivki Maulana | 31 Maret 2018 12:14 WIB
Sejumlah penumpang menunggu keberangkatan Kapal Perintis KM Sabuk Nusantara 35 di Pelabuhan Jetty Meulaboh, Aceh Barat, Aceh, Sabtu (14/10). Kapal itu termasuk dalam program Tol Laut. - Antara/Syifa Yulinnas

Bisnis.com, JAKARTA -- Kementerian Perhubungan meluncurkan satu unit kapal perintis tipe 1.200 GT buatan galangan PT Steadfast Marine, Pontianak. Kapal penumpang perintis ini bakal dilengkapi fasilitas internet.

Direktur Lalu Lintas dan Angkutan Laut Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Dwi Budi Sutrisno mengatakan peluncuran kapal ke perairan menandai penyelesaian konstruksi kapal. Sebelum beroperasi, kapal perlu melalui sejumlah tahapan penyelesaian lainnya.

“Saya minta kepada pihak galangan untuk menyelesaikan pembangunan semua kapal yang dibangun sesuai dengan spesifikasi teknis yang berlaku dan sesuai dengan kontrak yang telah disepakati," ujarnya dalam siaran pers yang dikutip Bisnis.com, Sabtu (31/3/2018).

Dwi menekankan seluruh kapal perintis yang dibangun akan memiliki fasilitas yang lebih layak untuk penumpang, antara lain bakal dilengkapi jaringan internet dan televisi. Dia menegaskan kapal untuk penumpang harus memperhatikan faktor keselamatan dan kenyamanan.

Secara khusus, Kemenhub bekerja sama dengan Telkom dalam penyediaan jaringan internet gratis. Dalam satu pelayaran, kapal melaju di lautan selama dua pekan.

Penumpang bisa berada di atas kapal hingga satu pekan. Dengan adanya jaringan internet, penumpang bisa melakukan panggilan telepon tanpa menggunakan pulsa.

Berdasarkan catatan Bisnis, secara keseluruhan Kemenhub memesan 13 kapal perintis kepada Steadfast Marine. Kapal-kapal tersebut menjadi bagian dari 100 unit kapal yang dipersiapkan oleh Kemenhub untuk berbagai kebutuhan.

Tag : kemenhub, kapal perintis
Editor : Annisa Margrit

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top