Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Mayoritas Penjual Shopee Merupakan UMKM

Shopee Indonesia mengungkapkan jumlah penjual di platform marketplace tersebut mencapai lebih dari 1,6 juta dimana 70% merupakan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM).
Chris Feng, bos Shopee/Twitter.com
Chris Feng, bos Shopee/Twitter.com

Bisnis.com, JAKARTA – Shopee Indonesia mengungkapkan jumlah penjual di platform marketplace tersebut mencapai lebih dari 1,6 juta dimana 70% merupakan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM).

Rezki Yanuar, Country Brand Manager Shopee Indonesia, mengatakan di platform Shopee penjual atau seller mayoritas merupakan UMKM.

“Data per Q4/2017 total jumlah seller 1 juta dan sekitar 850.000 seller UMKM. Total seller di Q1/2018 mencapai lebih dari 1,6 juta dengan jumlah komposisi UMKM lebih dari 70%,” jelasnya kepada Bisnis.

Sebelumnya, Rezki mengatakan bahwa seller atau penjual di Shopee ada sekitar 850.000 dengan 70%-80% diantaranya adalah UMKM. Namun, kemudian dijelaskan bahwa 850.000 penjual merupakan perkiraan jumlah penjual UMKM dengan jumlah total 1 juta penjual, berdasarkan data kuartal 4/2017.

Seiring perkembangan, pada kuartal I/2018 tercatat total penjual di platform Shopee ada sekitar 1,6 juta dengan komposisi 70% merupakan penjual dari UMKM.

Shopee Indonesia mencatat adanya tren peningkatan penjual termasuk yang berasal dari kalangan UMKM. Selain itu, penjual di platform dagang-el ini juga biasanya sudah memiliki bisnis secara luring.

“Sudah punya bisnis tapi offline, ke Shopee untuk masuk pasar online. Biasanya sudah ada bisnis dulu ya,” katanya.

Selain itu, Shopee juga mencatat mayoritas penjual adalah perempuan. Kemudian, produk yang menjadi favorit untuk dijual di platform ini, yaitu fesyen, aksesoris, dan produk kecantikan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Agne Yasa

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper