Indonesia Siap Ekspor Langsung Lada ke India

Indonesia siap melakukan ekspor komoditas lada secara langsung setelah selama ini harus melewati Vietnam.
Newswire | 27 Maret 2018 23:58 WIB
Ilustrasi kebun lada - Antara

Bisnis.com, JAKARTA - Indonesia siap melakukan ekspor komoditas lada secara langsung setelah selama ini harus melewati Vietnam.

Menteri Pertanian Amran Sulaiman mengatakan permintaan India terhadap lada Indonesia cukup tinggi dan Kementerian Pertanian siap menfasilitasi ekspor ke negara tersebut.

"Dalam waktu dekat, sekitar bulan April atau Mei kita akan melakukan ekspor lada ke India, " ujarnya pada Selasa (27/3/2018) di Kantor Kementerian Pertanian di Jakarta.

Ketika ditanyakan permintaan India terhadap lada Indonesia, Amran tidak menyebutkan angka pasti. Namun, dia menyebutkan lada Indonesia memiliki tingkat kepedasan lebih tinggi dibandingkan lada pada umumnya.

"Lada Indonesia memiliki tingkat kepedasanan 6,1 sedangkan lada pada umumnya 3,2 sehingga banyak disukai pasar," tuturnya.

Terkait hal itu, lanjutnya, Kementan siap melakukan peremajaan serta penanaman baru tanaman lada di Tanah Air seluas 45.000 hektare guna meningkatkan produksi dan produktivitas lada nasional.

Menurut dia, pemerintah telah menyiapkan anggaran sebesar Rp2,75 triliun pada 2018 untuk pengembangan hortikultura, perkebunan dan rempah-rempah yang salah satunya komoditas lada.

"Pada masa lalu rempah-rempah kita berjaya, saat ini pemerintah akan mendorong kembali kejayaan rempah-rempah nasional," ucap Mentan.

Amran menjelaskan untuk itu Kementan menyiapkan bantuan alat dan mesin pertanian serta benih sebagai upaya peremejaan tanaman lada yang sudah tua dan produktivitasnya menurun. "Kita akan menyiapkan benih lada untuk lahan sekitar 2000 hektare atau setara 2 juta batang."

Dia mengatakan daerah-daerah penghasil rempah seperti Maluku akan didorong untuk dijadikan daerah penghasil rempah-rempah kualitas ekspor.

Terdapat lima provinsi penghasil komoditas lada yaitu Kepulauan Bangka Belitung, Lampung, Sumatera Selatan, Kalimantan Timur, dan Sulawesi Selatan.

Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dan Lampung merupakan penghasil utama lada dengan kontribusinya terhadap produksi nasional sebesar 58,32%. Sementara Provinsi Sumatera Selatan, Kalimantan Timur, dan Sulawesi Selatan sumbangannya terhadap produksi nasional sebesar 41,68%.

Potensi pasar ekspor lada Indonesia ke luar negeri cukup besar, karena terdapat negara-negara yang volume impornya sangat tinggi seperti, Amerika Serikat, Jerman, Vietnam, India, Thailand, Spanyol, dan Jepang.

Sumber : Antara

Tag : lada
Editor : M. Syahran W. Lubis

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top