Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Sambut Hari Air Sedunia, PUPR Kampanye Kelestarian Air Baku

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengajak semua pihak untuk menjaga dan melestarikan sumber air baku situ, danau, embung, dan waduk (SDEW).
Suasana Waduk Jatigede di Sumedang, Jawa Barat, Kamis (6/4)./Antara-Aprillio Akbar
Suasana Waduk Jatigede di Sumedang, Jawa Barat, Kamis (6/4)./Antara-Aprillio Akbar

Bisnis.com, JAKARTA— Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengajak semua pihak untuk menjaga dan melestarikan sumber air baku situ, danau, embung, dan waduk (SDEW).

Hal tersebut dia katakan dalam momentum peringatan Hari Air Dunia (HAD) yang jatuh setiap tanggal 22 Maret. Basuki mengatakan menjaga kelestarian SDEW sangat penting karena menjadi sumber air baku bagi keperluan sehari-hari.

Selain itu, Basuki mengatakan peringatan hari air sedunia kali ini menjadi bagian kampanye publik akan pentingnya penyelamatan SDEW.

Saat ini, terdapat 15 danau di Indonesia yang sedang dalam kondisi krisis karena mengalami penyusutan luasan sehingga jumlah tampungannya berkurang dan pencemaran.

"Penanganan danau dilakukan dengan serius, karena memberikan manfaat yang sangat besar. Danau atau waduk bila didiamkan akan mati karena proses alami seperti terjadinya sedimentasi. Apa yang kita lakukan ini untuk memperpanjang umurnya,” kata Basuki lewat keterangan pers, Minggu (25/3/2018).

Beberapa danau yang tengah direvitalisasi ialah Danau Tempe di Sulsel, Danau Limboto di Gorontalo, Danau Batur di Bali, Danau Tondano di Manado, dan Danau Rawa Pening di Jawa Tengah.

Dirjen Sumber Daya Air Imam Santoso mengatakan Danau Tempe menjadi situs yang memiliki tingkat sedimentasi tertinggi. Kapasitas tampungnya pun menurun hingga 30-40%.

Kondisi serupa terjadi di Danau Rawa Pening yang mengalami pertumbuhan eceng gondok masif. Bahkan pada 2016, tumbuhan air itu menutupi hampir 47% luasan danau.

Pencemaran danau juga disumbang dari limbah deterjen, limbah ternak, dan limbah budidaya ikan yang berasal dari 600 unit keramba ikan disana. Padahal air Danau Rawa Pening menjadi sumber air baku masyarakat.

Kementerian PUPR melalui Ditjen Sumber Daya Air pun secara bertahap telah melakukan pengerukan sedimen, pembersihan eceng gondok dan penataan kawasan di Danau Rawa Pening.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Irene Agustine
Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper