Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pelindo IV Gelar Pengapalan Produk Ikan Perdana dari Tual

PT Pelabuhan Indonesia IV (Persero) dan PT Perikanan Nusantara (Persero) meluncurkan pengiriman kargo hasil perikanan perdana di Pelabuhan Perikanan Nusantara Tual, Maluku Tenggara Barat. Konsolidasi hasil perikanan di Kawasan Timur Indonesia diharapkan bisa memacu arus kargo dari wilayah tersebut.
Ilustrasi/Antara-Ampelsa
Ilustrasi/Antara-Ampelsa

Bisnis.com, JAKARTA -- PT Pelabuhan Indonesia IV (Persero) dan PT Perikanan Nusantara (Persero) meluncurkan pengiriman kargo hasil perikanan perdana di Pelabuhan Perikanan Nusantara Tual, Maluku Tenggara Barat. Konsolidasi hasil perikanan di Kawasan Timur Indonesia diharapkan bisa memacu arus kargo dari wilayah tersebut.

Direktur Utama Pelindo IV Doso Agung mengatakan pengiriman kargo berpendingin atau reefer container dari Tual merupakan yang pertama sejak PPN Tual dibangun. Dia menambahkan, untuk tahap awal, pengiriman kontainer ditujukan untuk pasar domestik. Selanjutnya, hasil perikanan yang terkumpul di Tual akan dikirim ke luar negeri.

Doso menuturkan, Pelindo IV telah menyiapkan Pelayanan Satu Atap untuk proses ekspor di Kantor Pelabuhan Cabang Ambon. "Untuk akselerasi ekspor ikan akan ditunjang dengan fasilitas yang diperlukan, baik di Pelabuhan Umum Tual maupun di PPN Tual," ujarnya dalam keterangan resmi yang dikutip Bisnis.com, Jumat (23/3/2018).

Doso menambahkan, status ekspor produk perikanan yang dikirim dari Tual seluruhnya dikeluarkan oleh Pelabuhan Ambon.

Dalam catatan Bisnis, salah satu wilayah yang menjadi sentra perikanan adalah Provinsi Maluku. Data Kementerian Kelautan & Perikanan menunjukkan, Maluku memiliki potensi perikanan hingga 3,05 juta ton per tahun dengan rincian 431.069 ton di wilayah pengelolaan perikanan (WPP) Laut Banda, 631.701 ton WPP Laut Seram, dan 1,99 juta ton di WPP Laut Arafura.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Rivki Maulana
Editor : Saeno

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper