Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ekspor CPO Indonesia ke India Belum Terganggu

Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita mengatakan ekspor sawit CPO Indonesia ke India belum terganggu dengan kenaikan bea masuk yang diterapkan oleh negara tersebut.
Tandan buah segar kelapa sawit/Bisnis.com
Tandan buah segar kelapa sawit/Bisnis.com

Bisnis.com, JAKARTA -  Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita mengatakan ekspor sawit CPO Indonesia ke India belum terganggu dengan kenaikan bea masuk yang diterapkan oleh negara tersebut.

"Kita belum terpukul karena ekspor kita tetap tinggi," kata Enggar saat ditemui di Gedung Kemenko Perekonomian, Jakarta, Rabu (21/3/2018).

Enggar mengatakan pemerintah sudah mengirim pernyataan secara resmi mengenai kenaikan bea masuk CPO itu, apalagi India merupakan salah satu negara tujuan utama ekspor sawit Indonesia.

"Kita sudah menyampaikan secara resmi dan tertulis, mengenai keberatan dan meminta adanya peninjauan kembali atas penerapan Bea Masuk," ujarnya.

Namun, Enggar memastikan belum ada gangguan yang dialami ekspor CPO Indonesia atas kebijakan tersebut, karena surplus neraca perdagangan dengan India masih cukup tinggi.

Enggar juga memahami kebijakan India untuk menaikkan bea masuk CPO, karena negara tersebut ingin melindungi petani dan mendorong industri minyak sayur dan turunannya.

"Mereka berupaya untuk mendorong industri 'vegetable oil' dan turunannya, mulai dari kebun dan sebagainya untuk meningkat lagi, karena (harga) CPO kita rendah sekali dibandingkan mereka," ujarnya.

Saat ini, Enggar sedang menunggu surat balasan secara resmi dari pemerintah India mengenai penyesuaian tarif bea masuk itu.

India merupakan salah satu negara yang saat ini menjadi tujuan utama ekspor kelapa sawit Indonesia, selain China, Pakistan, Spanyol, Belanda, Mesir dan Amerika Serikat.

Sementara itu, Badan Pusat Statistik mencatat Indonesia mengalami surplus neraca perdagangan dengan India pada Februari 2018 sebesar 1,33 miliar dolar AS.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : ANTARA

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper