Perilaku Pengguna Jasa Kurir di E-commerce Berubah Ke Arah Ini

Perilaku dan kebutuhan konsumen dalam pemanfaatan jasa kurir dan logistik melalui e-commerce semakin berubah, tidak hanya menuntut kecepatan dan harga.
Jaffry Prabu Prakoso | 14 Maret 2018 17:56 WIB
Ilustrasi - Quartsoft

Bisnis.com, JAKARTA -- Perilaku dan kebutuhan konsumen dalam pemanfaatan jasa kurir dan logistik melalui e-commerce semakin berubah, tidak hanya menuntut kecepatan dan harga.

Vice President PT Tiki Jalur Nugraha Ekakurir (JNE), Agusnur Widodo mengatakan saat ini konsumen tidak lagi menanyakan harga pengiriman, kecepatan barang, dan lainnya. "Saat ini perilaku berubah pada experience customer. Inilah yang mengubah warna cara kami melayani customer," katanya kepada Bisnis.com, Rabu (14/3/2018).

Menurutnya, pelaku jasa kurir tidak lagi harus bicara kualitas tapi lebih melayani pelanggan dengan lebih personal. Hal itu karena petugas pengirim hanya mengantar barang di tempat yang itu saja sehingga kesempatan bertemu dengan pelanggan yang sama lebih besar.

Kedekatan dengan penerima barang ini, lanjutnya, perlu diperoleh untuk meningkatkan kepercayaan dan loyalitas terhadap penyedia jasa. Lebih jauh lagi JNE sedang membuat sebuah teknologi yang bisa menyimpan data agar mengetahui kebiasaan pelanggan.

Agusnur menjelaskan sistem ini dibutuhkan sebagai acuan sejauh mana tingkat kedekatan perusahaan dengan pelanggan. "Kita selalu berbicara dengan customer atau pelaku bisnis apa yang bisa kita lakukan untuk penuhi kebutuhan mereka," ungkapnya.

Tag : e-commerce, jne
Editor : Fajar Sidik

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top