Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

JICT Integrasikan Sistem Layanan Pelabuhan 24/7

JICT siap menjalankan sistem pelabuhan 24 jam sehari dan 7 hari dalam sepekan atau 24/7 secara terintegrasi yang dicanangkan Kementrian Perhubungan.
Akhmad Mabrori
Akhmad Mabrori - Bisnis.com 04 Maret 2018  |  17:09 WIB
Menteri Perhubungan mengunjungi Jakarta International Container Terminal (JICT) di Pelabuhan Tanjung Priok. - Bisnis.com/Akhmad Mabrori
Menteri Perhubungan mengunjungi Jakarta International Container Terminal (JICT) di Pelabuhan Tanjung Priok. - Bisnis.com/Akhmad Mabrori

Bisnis.com, JAKARTA - PT Jakarta International Container Terminal (JICT) siap menjalankan sistem pelabuhan 24 jam sehari dan 7 hari dalam sepekan atau 24/7 secara terintegrasi yang dicanangkan Kementrian Perhubungan.

Presiden Direktur PT JICT Gunta Prabawa mengatakan integrasi penyatuan sistem pelayanan pelabuhan 24/7 ini dilakukan di beberapa lini pelayanan utama terminal.

"Dengan begitu bisa mendukung program pemerintah dan juga mengintegrasikan beberapa layanan terminal di dalam satu aplikasi yang sederhana," ujar Gunta saat menerima kunjungan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi di JICT, Tanjung Priok, Minggu (4/3/2018).

Selain itu, kata Gunta, integrasi sistem ini diharapkan dapat meningkatkan penetrasi percepatan layanan antarlembaga, dengan mendorong diterapkannya sistem elektronik yang cepat dan efisien di pelabuhan.

Hal ini merupakan bagian dan langkah awal pelaksanaan pelayanan elektronik pelabuhan 24/7 yang andal di Indonesia dalam beberapa tahun ke depan.

Dalam mendukung program pelayanan pelabuhan 24/7 lewat sistem Inaportnet, JICT menerapkan sistem aplikasi My JICT. Sistem ini mengintegrasikan siklus layanan utama yang dibagi dalam tiga klaster dokumen barang dan kapal, yaitu sistem E-billing untuk pelayanan pembayaran dokumen ekspor impor, sistem Autogate untuk pelayanan truk ekspor impor dan sistem elektronik delivery order (DO) online untuk integrasi dokumen kapal.

"Selain tiga layanan utama, aplikasi My JICT juga dapat melayani transaksi pelayanan petikemas empty dan beberapa transaksi dengan depo-depo peti kemas," ujar Gunta.

Dia mengatakan masing-masing klaster, penyelesaian dokumen ekspor impor dilakukan secara terintegrasi, cepat dan efisien dengan basis real-time. Dengan aplikasi terintegrasi My JICT diharapkan akan memudahkan pengguna jasa.

Dalam kunjungannya ke JICT, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menyatakan apresiasinya atas inovasi yang dilakukan oleh terminal tersebut.

“Saya apresiasi JICT. Harapannya integrasi sistem ini bakal membuat kinerja dan pelayanan pelabuhan lebih optimal. Kita harus konsisten menjalankan ini. Cargo owner juga kita dorong untuk menggunakan sistem ini,” ujar Menhub.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

tanjung priok jict
Editor : M. Syahran W. Lubis

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top