Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Progres Pembangunan Jalan Tol Cisumdawu Seksi 2 Lampaui Target

Realisasi pembangunan fisik jalan tol CileunyiSumedangDawuan seksi 2 fase 2 CiherangSumedang sepanjang 10,70 kilometer sudah mencapai 30,83% atau melampaui target per Februari 2018 sebesar 27,03%.

Bisnis.com, JAKARTA — Realisasi pembangunan fisik jalan tol Cileunyi—Sumedang—Dawuan seksi 2 fase  2 Ciherang—Sumedang sepanjang 10,70 kilometer sudah mencapai 30,83% atau melampaui target per Februari 2018 sebesar 27,03%.

Kepala Satuan kerja Tol Cisumdawu Wida Nurfaida mengatakan bahwa pembangunan jalan tol yang masuk dalam Proyek Strategis Nasional tersebut terus dikebut untuk mencapai percepatan penyelesaian proyek, dari sebelumnya ditargetkan selesai September 2019 menjadi April 2019.

“Saat ini masih on the track, tetapi harapannya bisa dipercepat. Untuk fase 2 ini sebelumnya ditargetkan September 2019, harapannya bisa maju ke April 2019,” katanya kepada Bisnis.com, Senin (19/2/2018).

Wida menjelaskan bahwa proyek jol Cisumdawu seksi 2 sepanjang 17,05 kilometer terbagi menjadi dua fase. Fase 1 ruas Rancakalong—Ciherang sepanjang 6,35 kilometer tersebut sudah lebih dulu rampung 100%.

Sementara itu, konstruksi fase 2 ruas Ciherang—Sumedang saat ini masih terus dipacu, termasuk penyelesaian terowongan kembar sepanjang 472 meter.

Terowongan kembar tersebut diyakini sebagai pekerjaan fisik terberat dalam penyelesaian fase 2 seksi 2 proyek jalan tol Cisumdawu. Namun, Wida mengatakan progres pembangunan terowongan cukup menjanjikan, yakni sudah diatas 50%.

“Harapan pimpinan sebelum Lebaran sudah bisa tembus satu terowongan, tetapi kendala memang ada yakni ada lahan yang belum dibebaskan. Ini conditional, kami harapkan, tetapi bisa tembus sebelum Lebaran.”

Wida mengatakan realisasi pembebasan lahan untuk fase 2 seksi 2 tersebut sudah mencapai sekitar 80%. Sejumlah lahan yang masih diproses berada di beberapa desa wilayah Ciherang, Pamulihan dan Mekarjaya, termasuk lahan milik sekolah IPDN Jatinangor.

“Harapan kami untuk Juli ini pembebasan lahan semuanya sudah beres. Kami terus koordinasi dengan pihak terkait bagaimana untuk mempercepatnya,” ujarnya.

Pembangunan jalan tol Cisumdawu sepanjang 61,60 kilometer tersebut terdiri atas 6 seksi. Seksi 1 dan 2 sepanjang 29,38 kilometer merupakan bagian pemerintah yang pengerjaannya menggunakan pendanaan dari Pemerintah China.

Sementara itu, seksi 3—seksi 6 dikerjakan swasta, yakni PT Citra Karya Jabar Tol sepanjang 31,08 kilometer.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Irene Agustine
Editor : Zufrizal
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper