Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Bandara di Banjarmasin, Semarang & Jogja Bakal Dikembangkan

Trafik penumpang di Bandara Ahmad Yani Semarang dilaporkan mencapai 4,2 juta per tahun, sedangkan kapasitasnya hanya 800.000 per tahun. Kemudian, Bandara Baru Yogyakarta juga mendesak karena trafik penumpang di Bandara Adisucipto sudah sangat padat.
Rivki Maulana
Rivki Maulana - Bisnis.com 06 Februari 2018  |  18:34 WIB
Penumpang berjalan di area parkir pesawat saat tiba di Bandara Ahmad Yani, Semarang, Jawa Tengah, Minggu (18/6). - Antara/Aji Styawan
Penumpang berjalan di area parkir pesawat saat tiba di Bandara Ahmad Yani, Semarang, Jawa Tengah, Minggu (18/6). - Antara/Aji Styawan

Bisnis.com, JAKARTA -- PT Angkasa Pura I (Persero) mempersiapkan dana hingga Rp6,4 triliun untuk melakukan pengembangan tiga bandara, yakni Bandara Ahmad Yani Semarang, Bandara Internasional Baru Yogyakarta dan  Bandara Syamsuddin Noor Banjarmasin.

Corporate Secretary AP I, Israwadi menjelaskan tiga bandara tersebut hendak dikembangkan yang merupakan bagian dari Proyek Strategis Nasional yang dicanangkan pemerintah.

"Dari dana Rp6,4 triliun, sebagian besar memang untuk tiga bandara tersebut. Tahap awal perencanaan untuk pengembangan dua bandara pada tahun ini," kata Israwadi, Selasa (6/2/2018).

Dia menambahkan akan dilakukan pembangunan terminal baru bagi Bandara Ahmad Yani Semarang. Rencananya, pembangunan terminal yang akan menghabiskan dana Rp1,3 triliun tersebut sudah bisa beroperasi pada Maret 2018.

Trafik penumpang di Bandara Ahmad Yani dilaporkan mencapai 4,2 juta per tahun, sedangkan kapasitasnya hanya 800.000 per tahun.

Kemudian, lanjutnya, untuk Bandara Internasional Baru Yogyakarta akan disediakan dana hingga Rp2,5 triliun selama 2018. Pembangunan tersebut mendesak karena trafik penumpang di Bandara Adisucipto saat ini mencapai 7,8 juta per tahun atau 4,58 kali dari kapasitas 1,7 juta penumpang.

AP I juga berencana menaikkan kapasitas terminal Bandara Syamsuddin Noor menjadi 6 juta penumpang dari sebelumnya 1 juta penumpang per tahun. Adapun, pergerakan penumpang di bandara tersebut telah mencapai 3,5 juta penumpang per tahun.

Dana yang dipersiapkan untuk pengembangan Bandara Syamsuddin Noor pada tahun ini mencapai Rp1,5 triliun. Pihaknya menjelaskan pengembangan tersebut sebagai upaya untuk mengatasi lack of capacity beberapa bandara, sehingga diharapkan dapat meningkatkan kualitas pelayanan kepada pengguna jasa bandara.

Israwadi menambahkan dua bandara yang masih dalam tahap awal untuk pengembangan selanjutnya adalah Bandara Sultan Hassanuddin Makassar dan Bandara Juanda Surabaya. "Masih dalam proses persiapan untuk detil desain dan gambar," ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

angkasa pura
Editor : Fajar Sidik

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

To top