Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

REGASIFIKASI ARUN, Ini Cara Perta Arun Dongkrak Laba di 2018

PT Perta Arun Gas, anak usaha PT Pertamina Gas (Pertagas) di bisnis regasifikasi gas alam cair (liquefied natural gas/LNG) dan operator fasilitas kilang LNG Arun di Lhokseumawe, Aceh , memproyeksikan peningkatan laba bersih menjadi US$ 27 juta pada 2018 dibandingkan realisasi 2017 sebesar US$ 24,59 juta.
Kapal kargo Liquefied Natural Gas (LNG) atau gas alam cair kelima bersandar di Terminal Penerimaan, Hub, dan Regasifikasi LNG Arun, Lhokseumawe, Aceh Utara, Kamis (25/6)./Antara-M Agung Rajasa
Kapal kargo Liquefied Natural Gas (LNG) atau gas alam cair kelima bersandar di Terminal Penerimaan, Hub, dan Regasifikasi LNG Arun, Lhokseumawe, Aceh Utara, Kamis (25/6)./Antara-M Agung Rajasa

Bisnis.com, JAKARTA – PT Perta Arun Gas, anak usaha PT Pertamina Gas (Pertagas) di bisnis regasifikasi gas alam cair (liquefied natural gas/LNG) dan operator fasilitas kilang LNG Arun di Lhokseumawe,  Aceh , memproyeksikan peningkatan laba bersih menjadi US$ 27 juta pada 2018 dibandingkan realisasi 2017 sebesar US$ 24,59 juta.

Peningkatan laba bersih tahun ini berasal dari proyeksi penambahan pengolahan gas seiring dengan rencana pengembangan fasilitas kilang LNG Arun.

Budiyana, Direktur Operasi dan Teknik PT Perta Arun Gas, mengatakan bahwa penambahan fasilitas pengolahan rencananya dilakukan setelah adanya pengembangan fasilitas hub LNG atau terminal di kilang LNG Arun.

"Target ditingkatkan karena ada pengembangan di LNG Hub. Kalau hub jalan, kan bisa naik. Kargo LNG yang regas tidak semata-mata untuk PLN saja, kalau hub jalan bisa dari LNG mana pun," kata Budiyana dalam diskusi Outlook Industri dan Gas 2018, Jumat (2/2).

Menurutnya, dengan adanya peningkatan kemampuan kilang dalam menerima LNG, volume pengolahan atau regasifikasi juga ditargetkan meningkat jadi 43.963 miliar British thermal unit (BBtu) dibandingkan realisasi tahun lalu 42.132 BBtu dari target 40.296 BBtu.

Sementara itu, untuk volume kargo LNG target perusahaan sebenarnya 16 kargo dari kilang Tangguh, Papua, tetapi alokasi itu berpotensi meningkat.

"Kargo tetap, target ditentukan pada awal tahun, tetapi kargo juga masih sementara, apalagi kalau hub jadi." 

Kinerja Perta Arun tahun lalu cukup positif dengan tercapainya berbagai rencana, bahkan melebihi target. Misalnya, pasokan gas ke beberapa konsumen gas selain PT PLN (Persero), di antaranya ke PT Kertas Kraft Aceh (Persero) dan PT Pupuk Iskandar Muda (PIM).

Selain itu realisasi produksi sulfur mampu mencapai 8.417 ton. Untuk kondensat sebesar 772.294 barel.

Budiyana menambahkan rencananya aktivitas regasifikasi Perta Arun Gas kemungkinan meningkat jika rencana perubahan penggunaan bahan bakar kapal pembangkit listrik Karadeniz Powership Onur Sultan atau Marine Vessel Power Plant (MVPP) milik Turki yang disewa PLN di Medan jadi terealisasi.

Kapal tersebut memiliki 19 mesin dimana masing-masing mesin akan membutuhkan gas sekitar 5 MMscfd. Jika jadi berubah, otomatis regasifikasinya akan dikerjakan Perta Arun Gas karena perusahaan telah menandatangani Head of Agreement (HoA) dengan PLN untuk mengolah LNG milik PLN.

"Kami sudah HoA dengan PLN jadi regas kita itu milik PLN. Jadi kami hanya regasin saja. Satu enginee 5 MMSCFD, sementara mesin ada 19 targetnya harusnya akhir tahun kemarin tapi belum terealisasi," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Sepudin Zuhri
Editor : Sepudin Zuhri
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper