Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Genjot Non-petikemas, Pelindo III Gandeng 4 Mitra

PT Pelabuhan Indonesia III (Persero) menjalin kerja sama dengan empat mitra dalam pengembangan usaha di segmen nonpetikemas dan kawasan industri.
Logo Pelindo III/Istimewa
Logo Pelindo III/Istimewa

Bisnis.com, PANGANDARAN—PT Pelabuhan Indonesia III (Persero) menjalin kerja sama dengan empat mitra dalam pengembangan usaha di segmen nonpetikemas dan kawasan industri.

Berdasarkan keterangan resmi yang diterima Bisnis.com, Jumat (26/1/2018), Pelindo III menggandeng PT Optima Sinergi Comvestama untuk mengembangkan terminal liquefied natural gas (LNG) di Pelabuhan Tanjung Emas Semarang. Pelindo III juga berkongsi dengan PT Gresik Jasatama dalam pengelolaan terminal log dan barang curah di Pelabuhan Gresik.

Direktur Utama Pelindo III, IG. N. Askhara Danadiputra mengatakan, perseroan juga berkolaborasi dengan PT Kawasan Industri Kendal (KIK) dan Badan Pengembangan Wilayah Surabaya Madura (BPWS) dalam pengembangan kawasan industri.

“Kami bernisiatif melibatkan swasta guna memacu produktivitas komoditas non-petikemas di pelabuhan sekaligus mendorong percepatan pengembangan kawasan industri di sejumlah daerah”, jelas Askhara Danadiputra atau akrab dipanggil Ari Askhara.

Di Kendal, kongsi Pelindo III dengan KIK mencakup kerja sama di bidang logistik dan jasa kepelabuhanan. Lingkup kerja sama juga mencakup pengembangan pembangunan, pengoperasian, termasuk pendanaan Kawasan Industri Kendal dan Kendal International Port.

Sebelumnya, BUMN berbasis di Surabaya itu telah meneken nota kesepahaman terkait pengembangan Pelabuhan Kendal dengan Pemerintah Kabupaten Kendal.

Di Madura, Pelindo III mengajak BPWS untuk mempersiapkan dokumen studi pengembangan Pelabuhan Tanjung Bulupandan yang terintegrasi dengan Kawasan Khusus Madura (KKM) dan Kawasan Industri Khusus.

Ari menekankan, pertumbuhan ekonomi di Madura harus secepat pertumbuhan yang dialami Jawa Timur. “Kami bertekad warga Madura mengalami pertumbuhan ekonomi sepesat Surabaya,” pungkas Ari.

Kepala Badan Pelaksana Badan Pengembangan Wilayah Suramadu (BPWS) Herman Hidayat menambahkan pengembangan Pelabuhan Bulupandan bisa mempercepat pertumbuhan ekonomi di Madura. "Empat kabupaten di Pulau Madura termasuk yang termiskin di Jawa Timur," pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Rivki Maulana
Editor : Sutarno

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper