Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

PERTUMBUHAN EKONOMI: Ini Tahun Potensi Dongkrak Kinerja, Begini Alasannya

Tahun politik 2018 sebagai tahun potensi untuk mendongkrak kinerja pertumbuhan ekonomi. Lantaran, kegiatan politik pemilihan umum kepala daerah (Pilkada) di 171 daerah akan mampu menumbuhkan konsumsi lembaga non-profit rumah tangga (LNPRT).
Menteri PPN/Kepala Bappenas Bambang P.S  Brojonegoro menyampaikan sambutan pada Economic & Investment Outlook 2018 bertajuk Optimisme di Tahun Politik di Jakarta, Rabu (17/1/2018)./JIBI-Dedi Gunawan
Menteri PPN/Kepala Bappenas Bambang P.S Brojonegoro menyampaikan sambutan pada Economic & Investment Outlook 2018 bertajuk Optimisme di Tahun Politik di Jakarta, Rabu (17/1/2018)./JIBI-Dedi Gunawan

Bisnis.com, JAKARTA - Tahun politik 2018 sebagai tahun potensi untuk mendongkrak kinerja pertumbuhan ekonomi. Lantaran, kegiatan politik pemilihan umum kepala daerah (Pilkada) di 171 daerah akan mampu menumbuhkan konsumsi lembaga non-profit rumah tangga (LNPRT).

“Tahun politik 2018 tahun potensi,” kata Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Badan Perencanaaan Pembangunan Nasional, Bambang Brodjonegoro dalam seminar di Jakarta, Rabu (17/1/2018).

Bambang mengatakan dampak tahun pemilihan terhadap kinerja pertumbuhan ekonomi berasal dari belanja barang partai politik meningkat dan belanja pemerintah yang nisbi meningkat sebagai insentif kepada masyarakat.

"Katakan per daerah paling banyak kontestannya empat orang, berarti yang akan berpotensi mengeluarkan uang 171 dikali empat, sekitar 680-an. Mereka butuh 'spending' dalam rangka kampanye," ucap dia.

Bambang juga menjelaskan pada dua triwulan 2014 ketika kampanye pilpres lalu, pertumbuhan konsumsi LNPRT berada di atas 20%.

Dia menilai konsumsi tersebut banyak ditujukan untuk kaos, banner, iklan dan sebagainya, tetapi aktivitas itu berputar di ekonomi dan akan berpengaruh pada pertumbuhan PDB.

“Belanja politik akan lari ke LNPRT. Tahun ini lengkap, ada pilkada dan akan mengawali pemilihan legislatif dan pemilihan presiden yang pasti berpengaruh kepada pertumbuhan ekonomi," ucap Bambang.

Selain tahun politik daerah, Bambang mengatakan penyelenggaraan Asian Games dan Pertemuan Tahunan IMF-World Bank pada 2018 akan turut berperan dalam menumbuhkan PDB.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Martin Sihombing
Sumber : ANTARA

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper