Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Jokowi Resmikan Tol Surabaya-Mojokerto

Presiden Joko Widodo meresmikan pengoperasian jalan tol Surabaya-Mojokerto seksi IB, II, dan III dengan total panjang jalan 15,47 kilometer.
/Bisnis.com
/Bisnis.com

Bisnis.com, SURABAYA – Presiden Joko Widodo meresmikan pengoperasian jalan tol Surabaya-Mojokerto seksi IB, II, dan III dengan total panjang jalan 15,47 kilometer.

Dengan diresmikannya ketiga ruas ini, seluruh tol Surabaya—Mojokerto dengan panjang total 36,27 kilometer  dinyatakan selesai dibangun.

Saat membuka prosesi peresmian tol Surabaya—Mojokerto (Sumo) di Surabaya, Jokowi menyampaikan pembangunan jalan tol di Jawa Timur merupakan bagian dari tol Trans-Jawa dan akan mampu meningkatkan daya saing nasional.

“Kami tegaskan, pemerintah membangunan jalan tol, pelabuhan  airport, itu semua untuk pembangunan ekonomi di daerah yang selama ini mengalami ketimpangan karena kekurangan infrastruktur," ujar Jokowi di Surabaya, Selasa (19/12).

Jalan tol Sumo Seksi IB, II, dan III dibangun dengan nilai investasi sebesar Rp4,98 triliun dan siap digunakan per 19 Desember 2017. Dengan menggunakan Tol Sumo, waktu tempuh Surabaya—Mojokerto yang biasanya sekitar 2 jam, kini diprediksi hanya 40 menit.

Jalan tol Surabaya-Mojokerto memiliki beberapa seksi yaitu IA, IB, II, III, dan IV. Dua seksi sebelumnya sudah beroperasi. Jokowi menargetkan 1.167 kilometer Trans-Jawa dapat selesai per akhir 2019 mendatang.

Gubernur Jawa Timur Soekarwo menggarisbawahi bahwa jalan tol Sumo sudah dimulai perencanaan pembangunannya sejak 1994, namun baru pada akhir 2017 dapat dioperasikan.

"Dengan adanya jalan tol ini, akan dapat membangun perekonomian daerah-daerah di Jatim dan dalam jangka panjang dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat," jelas Soekarwo.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dara Aziliya
Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper