Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

HARI TANI NASIONAL 2017 : Menteri Amran Bagikan 1 Ton Bibit Padi Gratis

Kementerian Pertanian membagikan satu ton benih gratis untuk masing-masing kabupaten kota di Jawa Tengah.
Anggara Pernando
Anggara Pernando - Bisnis.com 23 September 2017  |  12:52 WIB
HARI TANI NASIONAL 2017 :  Menteri Amran Bagikan 1 Ton Bibit Padi Gratis
Petani menyiapkan bibit padi di persawahan Desa Tanjung, Pademawu, Pamekasan, Madura, Kamis (27/4). - Antara/Saiful Bahri
Bagikan

 Bisnis.com, SEMARANG – Kementerian Pertanian membagikan satu ton benih gratis untuk masing-masing kabupaten kota di Jawa Tengah.

Menteri Pertanian Amran Sulaiman mengatakan pembagian benih gratis ini merupakan bagian dari upaya pemerintah untuk memperkuat pertanian padi di Jawa Tengah. Bibit yang dibagikan merupakan jenis Inpari 42 dan Inpari 43.

“Jenis ini merupakan bibit tahan wareng. Ini juga menunjukan Indonesia bisa,” kata Amran di sela peringatan Hari Tani Nasional 2017 tingkat Jawa Tengah di Semarang, Sabtu (24/9/2017).

Amran mengatakan saat ini lahan sawah di Indonesia mencapai 15 juta hektar. Pada musim tanam kali ini kemungkinan yang akan mengalami gagal panen mencapai 67.000 hektare.

Dikatakan, meski tingkat gagal panen ini relative sangat kecil di bawah threshold nasional 5%. Pemerintah, kata dia, tetap menyediakan jalan keluar bagi petani dengan menyiapkan asuransi pertanian.

“Baru-baru ini kami serahkan Rp8 miliar di Bojonegoro. Ini akibat banjir,” katanya.

Amran menyebut, sejauh ini kebutuhan bahan pokok relative terkendali. Ketersedian beras, bawang merah hingga jagung dapat terpenuhi di dalam negeri.

“Kami baru ekspor bawang dari Brebes Jawa Tengah 5.700 ton. Sekarang juga ada permintaan jagung dari Malaysia. Nilanya setara Rp12 triliun,” katanya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

andi amran sulaiman
Editor : Nancy Junita
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top