Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

Sebuah Peternakan Sapi akan DIbangun di Penjara Nusakambangan

Badan Perencanaan Pembangunan Nasional atau Bappenas tengah membantu Kementerian Hukum dan HAM untuk mengupayakan pengembangan peternakan sapi di penjara Nusakambangan dengan skema KPBU.
Miftahul Khoer
Miftahul Khoer - Bisnis.com 15 September 2017  |  03:17 WIB
Sebuah Peternakan Sapi akan DIbangun di Penjara Nusakambangan
Ilustrasi peternakan sapi - Antara

Bisnis.com, TANGERANG - Badan Perencanaan Pembangunan Nasional atau Bappenas tengah membantu Kementerian Hukum dan HAM untuk mengupayakan pengembangan peternakan sapi di penjara Nusakambangan dengan skema KPBU.

Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro pendanaan proyek pembangunan dengan skema Kerjasama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU) salah satunya bisa dilakukan dalam proyek pembangunan infrastruktur sosial.

"Kami sedang bantu Pak Kemenkumham untuk membangun peternakan sapi dengan skema KPBU," ujarnya ketika membuka Rapat Teknis Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia di Tangerang, Kamis (14/9/2017).

Dia menuturkan pembangunan peternakan sapi di kawasan penjara Nusakambangan bisa dilakukan oleh pihak swasta. Nantinya, para napi bisa dipekerjakan mengurus peternakan sapi tersebut. Namun, pengelolaannya bisa dilakukan oleh pihak swasta.

"Pokoknya untuk meng-KPBU-kan penjara ini yang simple dulu lah," katanya.

Dia memberi contoh, di Asutralia, pembangunan penjara sudah dikelola oleh swasta, termasuk pengelolaannya memperkerjakan sipir dari pihak swasta dengan syarat harus memenuhi profesional.

Bambang menjelaskan skema pendanaan KPBU merupakan kerja sama melibatkan badan usaha baik swasta maupun pemerintah yang bisa dimanfaatkan oleh pemerintah daerah.

"Misalnya jika pemerintah daerah mau bangun transportasi berbasis rel dengan skema KPBU atau dibiayai swasta nanti tinggal disepakati berapa tahun bisa dicicil pembayarannya oleh pemda," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

sapi
Editor : Andhika Anggoro Wening

Artikel Terkait



Berita Lainnya

    Berita Terkini

    back to top To top