Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Jokowi Resmikan Tol Jombang—Mojokerto

Presiden Joko Widodo hari ini (10/9) meresmikan beroperasinya tol Jombang-Mojokerto Seksi II dan Seksi III dengan total ruas sepanjang 24,9 kilometer. Tol tersebut merupakan bagian dari pembangunan Tol Trans-Jawa.
Dara Aziliya
Dara Aziliya - Bisnis.com 10 September 2017  |  21:25 WIB
Jokowi Resmikan Tol Jombang—Mojokerto
Ruas tol Mojokerto seksi 3 - dokumentasi
Bagikan

Bisnis.com, SURABAYA – Presiden Joko Widodo hari ini (10/9) meresmikan beroperasinya tol Jombang-Mojokerto Seksi II dan Seksi III dengan total ruas sepanjang 24,9 kilometer. Tol tersebut merupakan bagian dari pembangunan Tol Trans-Jawa.

Dalam peresmian tersebut, Jokowi menyampaikan pemerintah berupaya mengakselerasi proses pembangunan infrastruktur seperti jalan tol, pelabuhan, dan bandara. Proyek tol Trans-Jawa misalnya, ditargetkan dapat rampung pada akhir 2018.

“Jalan ini [tol Jombang—Mojokerto] harusnya selesai dari dulu karena dimulai pada 1996. Persoalan seperti itu banyak terjadi di daerah seperti Jateng, Jabar, Sumatera,” jelas Jokowi, Minggu (10/9).

Jokowi menjelaskan dengan mempercepat berbagai proses pembangunan infrastruktur, maka belanja yang harus dikeluarkan Indonesia akan lebih dapat ditekan. Pasalnya, pengeluaran seperti konstruksi dan pengadaan lahan dapat memakan jumlah yang cukup besar.

Jalan tol Jombang—Mojokerto tercatat memiliki panjang total 40,5 kilometer dan merupakan salah satu proyek strategis nasional (PSN) yang dicanangkan pemerintah. Seluruh ruas jalan tol tersebut akhirnya dapat beroperasi secara penuh setelah terhubung dengan ruas tol Ngawi—Kertosono.

Dalam peresmian tersebut, Jokowi didampingi Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Stafsus Presiden Johan Budi, dan Gubernur Jawa Timur Soekarwo. Hadir pula Presdir PT Marga Harjaya Infrastruktur (ASTRA Infra Toll Road Jombang—Mojokerto), Wiwiek D. Santoso.

Wiwiek menjelaskan Tol Jombang-Mojokerto yang telah dioperasikan tersebutakan menghubungkan bagian barat Kabupaten Jombang (Desa Bandarkedungmulyo) dengan bagian utara Kabupaten Mojokerto (Desa Penompo).

“Kami sangat berterima kasih pada Pemerintah Pusat, Pemerintah Daerah, serta masyarakat Jombang dan Mojokerto yang membantu dalam penyelesaian pembangunan tol Jombang—Mojokerto ini,” ungkap Wiwiek.

Wiwiek menyebut jalan to tersebut dapat menjadi jalur alternatif untuk mengurai kepadatan lalu lintas di beberapa titik antara lain di by pass Mojokerto (simpang empat Mertex hingga simpang lima Kenanten) serta pertigaan Mengkreng, yang merupakan tempat pertemuan jalur dari 3 wilayah (Nganjuk, Kediri dan Jombang).

“Dengan beroperasinya ruas tol Jombang Mojokerto juga dapat memacu pertumbuhan perekonomian wilayah sekitar jalan tol ini serta Jawa Timur sehingga keberadaannya segera dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat Jawa Timur khususnya Jombang dan Mojokerto,” terang Wiwiek.

Adapun, pengoperasian ruas jalan tol Jombang – Mojokerto dilakukan secara bertahap. Seksi 1 sepanjang 14,7 km beroperasi pada Oktober 2014, menyusul seksi 3 sepanjang 5 km yang beroperasi pada November 2016.

Seksi 2 sepanjang 19,9 km akan beroperasi pada bulan September 2017 dan seksi 4 sepanjang 0,9 km akan beroperasi bersamaan dengan beroperasinya ruas Ngawi-Kertosono.

Ruas tol Jombang-Mojokerto memiliki 4 gerbang tol, yakni gerbang tol Bandar di Desa Kayen, Kecamatan Bandarkedungmulyo, Jombang ; gerbang tol Jombang di Desa Pesantren, Kecamatan Tembelang, Jombang ; gerbang tol Mojokerto Barat di Desa Pagerluyung, Kecamatan Gedeg, Mojokerto; dan gerbang tol Mojokerto di Desa Penompo, Kecamatan Gedeg, Mojokerto.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

proyek tol tol mojokerto-kertosono
Editor : Rustam Agus
Bagikan
Konten Premium

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top