Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Jokowi: Izin Masih Behari-hari itu Kuno!

Presiden Joko Widodo kembali mendesak setiap kepala daerah untuk segera merealisasikan instruksi Paket Kebijakan Ekonomi XIII tentang pembangunan rumah bagi Masyarakat Berpenghasilan Rendah atau MBR.
Perumahan/Ilustrasi-Bisnis
Perumahan/Ilustrasi-Bisnis

Bisnis.com, JAKARTA - Presiden Joko Widodo kembali mendesak setiap kepala daerah untuk segera merealisasikan instruksi Paket Kebijakan Ekonomi XIII tentang pembangunan rumah bagi Masyarakat Berpenghasilan Rendah atau MBR.

Menurut Presiden, di Pontianak saja sudah bisa melakukan izin pembangunan rumah hanya selama 6,5 jam. Bahkan, BKPM saja sudah mampu mengeluarkan 18 izin dalam 3 jam.

"Zaman sekarang izin masih berhari-hari itu kuno, berminggu-minggu lebih kuno, apalagi berbulan-bulan sangat kuno. Jadi sekarang pangkas saja Perda yang masih double untuk izin bangun rumah subsidi," katanya dalam pembukaan Indonesia Properti Expo, Jumat (11/8).

Presiden menilai, sejauh ini respons pengembang sangat baik dalam menyediakan rumah subsidi. Masyarakat juga antusias dengan adanya program kepemilikan hunian ini.

Untuk itu, ke depan tinggal tugas pemerintah turut mendukung percepatan pembangunannya serta penyediaan Bank Tanah guna menjaga pasokan.

Presiden pun menargetkan, tahun depan anggaran untuk perumahan dapat naik dua kali lipat sehingga defisit hunian yang saat ini 11,4 juta dapat dituntaskan hingga 50%nya.

"Saya akan terus pantau ke REI daerah mana saja yang masih mempersulit. Lalu saya juga akan langsung telepon tiap kepala daerahnya. Sekarang zaman percepatan, kita tidak boleh membelenggu diri kita sendiri dengan memperlama waktu, yang paling cepat pasti yang bakal jadi pemenang."

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper