Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pengembangan Pelabuhan Benoa Menunggu Rekomendasi Wali Kota

PT Pelabuhan Indonesia III (Persero) tengah menunggu penerbitan rencana induk pelabuhan sebagai pijakan untuk pengembangan Pelabuhan Benoa, Bali.
Kapal pesiar MV Pacific Eden ketika bersandar di Benoa./Bisnis.com-Feri Kristianto
Kapal pesiar MV Pacific Eden ketika bersandar di Benoa./Bisnis.com-Feri Kristianto

Bisnis.com, JAKARTA - PT Pelabuhan Indonesia III (Persero) tengah menunggu penerbitan rencana induk pelabuhan sebagai pijakan untuk pengembangan Pelabuhan Benoa, Bali. Pelindo III menyiapkan dana hingga Rp1,2 triliun untuk pembangunan sejumlah fasilitas di pelabuhan tersebut.

Faruq Hidayat, Corporate Secretary Pelindo III, mengatakan perseroan masih menunggu penerbitan rekomendasi dari Wali Kota Denpasar. Rekomendasi dari Pemerintah Kota Denpasar tetap diperlukan meski Pelindo III sudah mengantongi rekomendasi dari Gubernur Bali.

Dia menerangkan Pelindo III berniat membangun fasilitas untuk angkutan gas dan sarana pendukung pariwisata di Pelabuhan Benoa. "Selama ini fasilitas gas [di Pelabuhan Benoa] bersifat sementara," ujarnya kepada Bisnis.com pada Senin (7/8/2017).

Untuk diketahui, Pelindo III telah memulai bisnis pengangkutan gas, mencakup penyimpanan, pengangkutan, dan distribusi. Di Benoa, Pelindo III memiliki tempat penampungan gas alam berkapasitas 31.000 meter kubik.

Tahun ini, perseroan juga berencana membeli floating storage unit (FSU) guna melanjutkan ekspansi di bisnis angkutan gas.

Selain untuk pengembangan bisnis energi, pengembangan Pelabuhan Benoa juga bakal diarahkan untuk mendukung sektor pariwisata.

Direktur Utama Pelindo III, Ari Ashkara mengatakan Pelabuhan Benoa bakal menjadi infrastruktur yang bisa diandalkan untuk menggenjot sektor pariwisata.  "Kami punya lokasi yang beauty, ada Labuhan Bajo, Sumba, dan Benoa," jelasnya.

GM Pelindo III Benoa, Ardhy Wahyu Basuki, mengatakan area terminal penumpang internasional di Pelabuhan Benoa bakal diperbesar menjadi tiga kali lipat dari luas eksisting seluas 1.200 m2.

Perluasan terminal penumpang internasional bakal dikebut tahun ini juga. Sebelumnya, Pelindo III juga telah memperpanjang dermaga menjadi 340 meter dari sebelumnya 290 meter. Walhasil, Benoa kini bisa menjadi tempat sandar kapal pesiar besar.

Ardhy menuturkan kapal pesiar Norwegian Star tercatat sebagai kapal terpanjang yang pernah bersandar di Benoa. Kapal berbendera Bahama itu memiliki panjang 295 meter dan mampu menampung 2.348 penumpang.

Sepanjang 6 bulan 2017, Pelabuhan Benoa mencatat jumlah kunjungan kapal sebanyak 38 kapal dan hingga akhir tahun ditargetkan kunjungan kapal mencapai 70 unit.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Rivki Maulana
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper