Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pupuk Indonesia Energi, Tiga Tahun Hadir untuk Negeri

Pupuk Indonesia Energi (PI-Energi) didirikan pada 18 Agustus 2014 untuk meningkatkan daya saing Badan Usaha Milik Negara (BUMN) pupuk.
Direktur Utama PI-Energi, Tentaminarto Tri Februartono (kiri)/Istimewa
Direktur Utama PI-Energi, Tentaminarto Tri Februartono (kiri)/Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - Pupuk Indonesia Energi (PI-Energi) didirikan pada 18 Agustus 2014 untuk meningkatkan daya saing Badan Usaha Milik Negara (BUMN) pupuk.

Peningkatan daya saing dilakukan dengan mengupayakan efisiensi biaya produksi pupuk oleh BUMN pupuk melalui penggunaan teknologi yang ramah lingkungan dan penghematan bahan baku serta energi.

PI-Energi didirikan agar komponen energi di dalam grup PT Pupuk Indonesia (Persero) dapat diubah dari cost centre menjadi profit centre. Selain itu, PI-energi juga dibentuk sebagai langkah energy business clustering di bidang energi dalam grup PT Pupuk Indonesia (Persero) yang nantinya akan dikelola oleh PI-Energi.

PI-Energi diberi amanah untuk memasok kebutuhan energi bagi seluruh anak perusahaan di dalam kelompok usaha PT Pupuk Indonesia (Persero) yang bergerak di industri pupuk dan agrokimia.

Pasokan energi berupa listrik, uap dan gas diberikan dengan kompetensi yang tinggi sesuai kebutuhan industri dan harga energi yang kompetitif sebagai salah satu komponen Harga Pokok Produksi utama, untuk meningkatkan daya saing produk-produk grup Pupuk Indonesia di pasaran.

Saat ini, PI-Energi berfokus pada penyelesaian proyek Gresik Gas Cogeneration Plant (GGCP). GGCP adalah proyek yang dilaksanakan untuk memasok listrik dan steam ke PT Petrokimia Gresik (PKG). PKG sendiri saat ini sedang mengembangkan fasilitas produksi terbarunya, yaitu Pabrik Amurea II.

Aksi Korporasi

Selain membangun GGCP, PI-Energi juga telah melakukan akuisisi saham mayoritas PT Kaltim Daya Mandiri (KDM) di Bontang, Kalimantan Timur pada akhir tahun 2016 lalu. Akusisi dilakukan sebagai perwujudan energy business clustering di grup Pupuk Indonesia.

Rencana jangka pendek, ke depan PI Energi menargetkan akuisisi saham mayoritas PT Rekind Daya Mamuju (RDM) di Sulawesi Barat dan pengembangan IPP baru untuk Pupuk Iskandar Muda di Aceh dan Pupuk Kujang di Cikampek.

PI Energi masih fokus kepada offtaker utamanya yaitu pabrik pupuk di dalam Grup Pupuk Indonesia dan perusahaan-perusahaan lain yang berlokasi di dalam kawasan industri Grup Pupuk, terutama di Bontang dan Gresik.

Industri Pupuk adalah salah satu industri yang membutuhkan energi dalam volume besar dengan tingkat kehandalan yang tinggi. Membangun IPP sendiri adalah solusi yang diberikan PI Energi untuk menjamin kontinuitas operasional pabrik-pabrik di dalam grup Pupuk Indonesia. Saat ini, seluruh aksi korporasi berupa akuisisi IPP dilaksanakan dalam rangka energy business clustering di Grup Pupuk Indonesia dibawah pengelolaan PI-Energi. Dalam jangka panjang, PI-Energi berniat untuk melebarkan sayapnya dengan mengakuisisi IPP di luar grup Pupuk Indonesia.

Harapan, mimpi sekaligus cita-cita Direktur Utama PI-Energi, Tentaminarto Tri Februartono menjelang ulang tahun ketiga PI-Energi yang jatuh pada 18 Agustus 2017 adalah PI-Energi dapat mewujudkan tujuan pembentukannya untuk mengubah komponen energi di grup Pupuk Indonesia dari cost centre menjadi profit centre. Selain itu, Tenta juga berhadap agar PI Energi dapat mulai berkiprah tidak hanya di dalam grup Pupuk Indonesia Persero, namun juga dalam bisnis IPP skala nasional dalam rangka mendukung ketahanan pangan dan ketahanan energi Indonesia


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Martin Sihombing

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper