Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Optimalisasi Angkutan Haji, Garuda Ubah Konfigurasi Kursi

Guna mengoptimalkan layanan penerbangan haji, Garuda Indonesia menaikkan kapasitas kursi dengan mengubah konfigurasi kursi pesawat.
Pesawat Garuda Indonesia di Bandara Soekarno-Hatta/Reuters-Dadang Tri
Pesawat Garuda Indonesia di Bandara Soekarno-Hatta/Reuters-Dadang Tri

Bisnis.com, JAKARTA - Guna mengoptimalkan layanan penerbangan haji, Garuda Indonesia menaikkan kapasitas kursi empat pesawat berbadan lebar Boeing 777-300ER dengan mengubah konfigurasi kursi pesawat.

Sebelumnya, konfigurasi kursi pesawat B777-300ER milik Garuda terdiri dari tiga kelas, yakni delapan kursi First Class, 38 kursi Bisnis, dan 268 kursi Ekonomi. Saat ini konfigurasi kelas itu menjadi 26 kursi Bisnis dan 367 kursi Ekonomi.

Direktur Teknik dan Pemeliharaan PT Garuda Indonesia Tbk. (GIAA) I Wayan Susena mengatakan perubahan dari tiga kelas menjadi dua kelas bertujuan agar maskapai dapat lebih fleksibel dalam memenuhi kebutuhan penumpang.

“Perubahan konfigurasi kursi ini juga merupakan salah satu upaya Garuda Indonesia dalam strategi route optimization maskapai, antara lain seperti rute penerbangan haji dan umrah,” katanya pada Rabu (12/7/2017).

Wayan menambahkan perubahan konfigurasi kursi pesawat tersebut akan dikerjakan anak usaha Garuda Indonesia, yakni PT Garuda Maintenance Facility AeroAsia dengan total waktu pengerjaan selama 20 hari.

Dia berharap modifikasi kursi yang dilakukan Garuda dapat mengoptimalkan ruang pesawat saat mengangkut penumpang dalam jumlah yang besar. Rencananya, empat pesawat tersebut akan digunakan sebagai angkutan haji 2017.

“Saya mengapresiasi kolaborasi GMF dan Garuda Indonsia dalam menghasilkan pekerjaan yang memuaskan. Kerjasama ini merupakan wujud sinergi Garuda Indonesia Grup demi meningkatkan pelayanan kepada pelanggan,” tuturnya.

Mulai dari 28 Juli sampai dengan 26 Agustus 2017, Garuda Indonesia akan menerbangkan 107.959 jemaah haji Indonesia, naik 37% dari periode yang sama tahun lalu 79.000 jemaah.

Untuk musim haji 2017, Garuda Indonesia akan mengoperasikan sebanyak 14 pesawat yang terdiri dari lima unit tipe Boeing 777-300ER, enam unit tipe Airbus A330-300/200, dan tiga unit tipe Boeing 747-400.

Pada saat bersamaan, Garuda Indonesia akan memberangkatkan jemaah haji dari sembilan embarkasi yang terdiri dari 280 kloter di seluruh Indonesia.

Sementara itu, Direktur Line Operation PT Garuda Maintenance Facility (GMF) AeroAsia Tazar Marta Kurniawan menuturkan pekerjaan modifikasi kabin pesawat tipe Boeing 777-ER merupakan yang pertama kali bagi perseroan.

“Kepercayaan Garuda Indonesia terhadap GMF merupakan suatu prestasi, sekaligus menjadi tantangan besar bagi GMF. Untuk pekerjaan ini, kami percayakan kepada insan muda professional GMF, dan hasilnya memuaskan.” katanya.

Tazar menambahkan GMF berkomitmen untuk menjadi perusahaan perawatan pesawat kelas dunia, dan memberi dukungan penuh terhadap operational excellence Garuda Indonesia sebagai maskapai kelas dunia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper