Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kakorlantas: Ini Titik Rawan Kemacetan Saat Arus Balik

Kepala Korlantas Polri Irjen Pol Royke Lumowa mengatakan Pintu Tol Gringsing, Brebes Timur dan Palimanan merupakan titik rawan kemacetan saat arus balik Idul Fitri 1438 Hijriah.
Kendaraan melintas di gerbang tol Palimanan. / Antara
Kendaraan melintas di gerbang tol Palimanan. / Antara

Bisnis.com, JAKARTA - Kepala Korlantas Polri Irjen Pol Royke Lumowa mengatakan Pintu Tol Gringsing, Brebes Timur dan Palimanan merupakan titik rawan kemacetan saat arus balik Idul Fitri 1438 Hijriah.

"Titik krusial yang menjadi perhatian untuk diantisipasi adalah Grinsing, Brexit, Palimanan dan Dawuan," kata Irjen Royke dalam pesan singkatnya, Kamis (29/6/2017).

Selain itu Gerbang Tol Cikarang Utama dan sejumlah rest area di Tol Cikampek juga menjadi perhatian pihaknya karena merupakan titik yang akan mengalami kepadatan. "Gerbang Tol Cikarut serta rest area sepanjang Tol Cikampek km 62, 52 dan 42," katanya.

Royke mengatakan untuk membantu kelancaran arus lalu lintas di sejumlah pintu tol, pihaknya telah meminta petugas tol untuk bergerak membagikan kartu tol secara langsung kepada pengemudi jika terjadi antrean.

Sementara untuk mengantisipasi melonjaknya volume kendaraan arus balik, Royke mengimbau para pemudik agar tidak melakukan perjalanan untuk kembali ke kota asalnya pada saat puncak arus balik.

 "Para pemudik agar dapat mengatur jadwal kembali tidak tertumpu dalam satu waktu menjelang libur bersama selesai mengingat tanggal 30 Juni telah beroperasi kembali kendaraan angkutan barang," katanya.

Mantan Kapolda Papua Barat ini juga mengimbau para pengendara motor agar lebih berhati-hati dalam perjalanan arus balik. Bila kondisi badan lelah, Royke meminta para pengendara untuk tidak memaksakan diri dalam melanjutkan perjalanan, tetapi lebih baik beristirahat di sejumlah posko mudik atau di SPBU.

"Para pengendara agar lebih waspada dan hati-hati di jalan karena perjalanan balik akan lebih melelahkan sehabis masa lebaran di kampung halaman. Lebih baik terlambat sedikit daripada tidak pernah sampai tujuan," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Martin Sihombing
Sumber : ANTARA

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper