Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Izin Operasi Roro Jakarta - Surabaya Segera Diterbitkan

Kementerian Perhubungan menyatakan izin operasional kapal roro rute Jakarta - Surabaya yang bakal dioperasikan PT ASDP Indonesia Ferry segera diterbitkan.
Direktur Utama PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) Faik Fahmi./JIBI-Dwi Prasetya
Direktur Utama PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) Faik Fahmi./JIBI-Dwi Prasetya

Bisnis.com, JAKARTA - Kementerian Perhubungan menyatakan izin operasional kapal roro (roll on roll off) jarak jauh rute Jakarta - Surabaya yang bakal dioperasikan oleh PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) sedang dalam proses pengurusan dan segera diterbitkan.

Hal itu disampaikan Direktur Angkutan dan Multi Moda Ditjen Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan Cucu Mulyana seiring kesiapan PT ASDP Indonesia Ferry selaku operator RoRo jarak jauh tersebut untuk dioperasionalka sebelum lebaran tahun ini.

"Izin roro Jakarta - Surabaya, rencananya diterbitkan pekan ini," tuturnya.

Dia berharap dengan segera terbitnya izin tersebut, operasional kapal roro Jakarta - Surabaya dapat benar-benar mulai beroperasi sebelum Lebaran tahun ini sesuai harapan.

Dengan demikian, lanjutnya, , selain akan dapat mengurangi kepadatan arus lalu lintas di jalur Pantura, juga akan mengurangi beban jalan raya yang semula dilintasi belasan ribu truk di sepanjang jalur antara ke dua kota besar tersebut.

Direktur Utama PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) Faik Fahmi menyatakan bahwa pihaknya sudah sangat siap untuk mengoperasionalkan kapal roro yang melayani rute Jakarta-Surabaya tersebut meskipun belum menggunakan spesifikasi kapal yang diharapkan.

Dia menyatakan sebagai langkah permulaan, operasional tersebut akan menggunakan kapal KMP Port Link.

KMP Port Link memiliki panjang 122,51 meter, lebar 21 meter dan draft 5,02 meter dan dapat menampung penumpang hingga 1500 orang.

Kapal teranyar milik PT ASDP Indonesia Ferry yang didatangkan langsung dari Inggris ini dapat melaju pada kecepatan 10 knot hingga 15 knot.

Kapal ini dilengkapi dengan dua dek khusus. Dek pertama dapat menampung kendaraan besar seperti bus dan truk hingga 40 kendaraan, dek kedua khusus untuk kendaraan pribadi yang muat hingga 100 kendaraan. "KMP Port Link ini sudah siap operasi, tinggal menunggu turunnya izin dari Kemenhub.”

Menurut Faik, penggunaan kapal Port Link hanya sebagai permulaan dan peralihan, hingga PT ASDP Indonesia Ferry mendapatkan kapal yang sesuai spesifikasi, seperti berukuran besar dan mampu menampung hingga minimal 200 truk agar lebih feasible secara bisnis.

"Sebagai awalan dan sembari peralihan, kita mulai dengan kapal kita, Port Link. Lalu jangka menengah akan menggunakan kapal yang bisa angkut hingga 200 truk," ujarnya.

ASDP sedang gencar berburu kapal yang sesuai dengan spesifikasi dan skala keeekonomian. Dia menjelaskan sudah sekitar 60 kapal yang masuk dalam radar pilihan dan diharapkan setelah Lebaran ini sudah mendapatkan yang sesuai dengan spesifikasi tersebut.

Menurut Faik, apabila konsep memindahkan perjalan truk yang notabene memiliki tonase besar dari jalan darat menggunakan jalur laut ini berhasil, maka akan memberikan multiplier efect signifikan.

Pasalnya, jumlah angkutan truk yang selama ini melintas di jalan raya Jakarta - Surabaya mencapai hingga 12.000 truk per hari.

"Dampak sisi aspek safety di jalan raya meningkat, karena kemacetan dan kepadatan berkurang. Lalu, sisi kecepatan, barang tiba lebih cepat. Kalau via jalan raya bisa tiga hari, dengan kapal hanya 22 jam. Penggunaan bahan bakar lebih hemat," ujar Faik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper