Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Aptrindo Dukung Bisnis Logistik ASDP Asal Tarif Lebih Efisien

Aptrindo mendukung bisnis logistik PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) untuk angkutan truk lintas penyeberangan.
Truk antre di Pelabuhan Merak, Banten/Antara-Asep Fathulrahman
Truk antre di Pelabuhan Merak, Banten/Antara-Asep Fathulrahman

Bisnis.com, JAKARTA - Asosiasi Pengusaha Truk Indonesia (Aptrindo) mendukung bisnis logistik PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) untuk angkutan truk lintas penyeberangan.

Wakil Ketua Umum DPP Aptrindo Bidang Sarana dan Prasarana, Sugi Purnoto, mengatakan beberapa BUMN memang sedang fokus mengembangkan lini bisnis logistik guna menurunkan biaya. Misalnya saja PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk. memiliki lini usaha Garuda Cargo, begitu pula PT Pelayaran Nasional Indonesia (Persero) dengan Pelni Logistics.

"Adanya ASDP pada rantai bisnis trucking dengan menggunakan kapal roro [roll on-roll off] ini perlu antisipasi apakah benar ASDP bisa lebih efisien? Butuh desain kapal yang dibutuhkan seperti apa, juga jenis truk yang bisa diangkut seperti apa," ujar Sugi kepada Bisnis pada Kamis (8/6/2017).

Dia menanggapi rencana ASDP menambah delapan kapal logistik berkapasitas 100-200 trul sebagai langkah yang baik. Namun dia menegaskan, cara terbaik untuk menarik pengusaha truk menggunakan kapal Ro-Ro adalah dengan mengefisiensikan besaran tarif.

"Pasar logistik dan trucking ini sebenarnya masalah ada di tarif. Mungkin tarif masih tinggi, maka kami dari Aptrindo mengusulkan tarif dari ASDP menggunakan kapal Ro-Ro setidaknya harus ekuivalen atau sama dengan biaya operasional," jelas Sugi.

Dia menuturkan dengan truk golongan sembilan dengan komponen biaya meliputi uang jalan, upah pengemudi, bahan bakar minyak, bisa mencapai Rp3 juta dari Merak ke Surabaya. Oleh sebab itu, ASDP harus bisa memberi penawarkan tarif kapal lebih kecil.

"Rute Jakarta-Lampung itu juga potensial, tapi kalau biaya operasional sama dengan Merak-Bakauheni itu susah, pengusaha bisa memilih yang lebih murah," terangnya.

Selain tarif, Sugi menilai penggunaan kapal roro juga akan memberikan kesempatan kepada pengemudi untuk beristirahat. Kondisi ini bisa menyebabkan berkurangnya potensi kecelakaan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper