Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

Pengelola Mal Tak Takut Perkembangan E-commerce

Pesatnya perkembangan e-commerce tidak membuat para pengelola pusat perbelanjaan nasional ketakutan
Anissa Margrit
Anissa Margrit - Bisnis.com 08 Mei 2017  |  12:02 WIB
Pengelola Mal Tak Takut Perkembangan E-commerce
Ilustrasi. - .
Bagikan

 

Bisnis.com, JAKARTA- Pesatnya perkembangan e-commerce tidak membuat para pengelola pusat perbelanjaan nasional ketakutan.

Ketua Umum Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI) Stefanus Ridwan mengklaim pusat belanja di Indonesia merupakan yang terbaik di dunia. Bahkan, pusat belanja di Eropa pun perkembangannya tidak sebaik di Indonesia.

Meski e-commerce diakui menjadi kekuatan baru, tapi kehadirannya tidak serta merta mengancam keberlangsungan pusat belanja. Justru, lanjut dia, skema online shopping dan offline shopping akan merger.

"Nantinya, semua lari ke omnichannel system. Ini satu cara yang akan berkembang," ujar Stefanus dalam pembukaan Seminar dan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) APPBI 2017, Senin (8/5/2017).

Dia menambahkan tren teknologi digital menjadi salah satu tema yang dibahas dalam seminar dan rakernas kali ini. Para pengelola pusat belanja juga didorong untuk menciptakan ide-ide baru.

APPBI menyebutkan jumlah pusat perbelanjaan yang ada di kategori kelas menengah atas dan menjual barang-barang bermerek hanya 7%. Sementara itu, sebanyak 93% lainnya masuk dalam kategori kelas menengah ke bawah.

Seminar dan rakernas kali ini turut dibuka oleh Menteri Perdagangan (Mendag) Enggartiasto Lukita dan Founder & Chairman MarkPlus, Inc. Hermawan Kartajaya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

mal
Editor : Linda Teti Silitonga
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top