Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pertumbuhan Bisnis E-Commerce Tak Tertahankan

Jumlah pemain bisnis e-commerce di Indonesia diperkirakan terus bertumbuh seiring dengan semakin banyaknya perusahaan yang mulai mengembangkan usaha ke ranah digital.
Ilustrasi belanja online/merchants.polipay.co.nz
Ilustrasi belanja online/merchants.polipay.co.nz

Bisnis.com, JAKARTA - Jumlah pemain bisnis e-commerce di Indonesia diperkirakan terus bertumbuh seiring dengan semakin banyaknya perusahaan yang mulai mengembangkan usaha ke ranah digital.

Perkembangan positif itu diperkuat data Sensus Ekonomi 2016 yang dikeluarkan Badan Pusat Statistik (BPS) bahwa industri e-commerce di Indonesia dalam 10 tahun terakhir tumbuh sekitar 17% dengan total sekitar 26,2 juta usaha.

Sementara itu Bloomberg menyatakan pada 2020 lebih dari separuh penduduk Indonesia terlibat dalam kegiatan e-commerce, dan McKinsey memperkirakan peralihan ke ranah digital akan meningkatkan pertumbuhan ekonomi hingga US$150 miliar pada 2025.

Aulia E. Marinto, Ketua Umum Indonesia E-Commerce Association (idEA), mengatakan berdasarkan realitas tersebut pihaknya sangat yakin pertumbuhan e-commerce di Indonesia akan terus meningkat.

“Prediksi dari berbagai institusi baik dari dalam maupun luar negeri itu mengkonfirmasikan keyakinan kami, yang melihat semakin banyak pelaku usaha, baik perusahaan besar maupun ritel, yang beralih atau mengembangkan usaha ke arah digital,” ucapnya di Jakarta pada Kamis (4/5/2017).

Menurutnya, untuk mengakomodasi masyarakat dan para pelaku usaha yang ingin menggali lebih jauh mengenai perkembangan industri e-commerce di Indonesia maka idEA dan PT Dyandra Promosindo kembali menggelar Indonesia E-Commerce Summit and Expo (IESE).

Kegiatan IESE 2017, lanjutnya, diselenggarakan di Indonesia Convention & Exhibition (ICE), BSD City, Tangerang, pada 9-11 Mei 2017 dengan dukungan penuh dari Kementerian Komunikasi dan Informatika.

Dia menjelaskan kegitan bertema Empowering the Digital Energy of Asia yang diikuti 150 perusahaan dan target pengunjung mencapai 5.000 orang dapat mejadi ajang untuk membantu sosialisasi program Peta Jalan E-Dagang Indonesia dan pencapaian target 1.000 technopreneur pada 2020..

Adapun harga tiket untuk mengikuti sesi Summit selama 2 hari dalam Indonesia E-Commerce Summit and Expo (IESE) 2017 sebesar Rp2,6 juta per orang dan tiket Workshop Rp1,2 juta per orang belum termasuk PPN.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper