Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Tol Gringsing Rampung H-10 Lebaran

Kementerian Koordinator bidang Kemaritiman menerima laporan bahwa penyelesaian jalur Gringsing pada pengerjaan ruas tol Pematang yaitu Pemalang-Batang di Jawa Tengah ditargetkan rampung pada H-10 Lebaran tahun ini.
Ilustrasi/Antara
Ilustrasi/Antara

Bisnis.com, JAKARTA – Kementerian Koordinator bidang Kemaritiman menerima laporan bahwa penyelesaian jalur Gringsing pada pengerjaan ruas tol Pematang yaitu Pemalang-Batang di Jawa Tengah ditargetkan rampung pada H-10 Lebaran tahun ini.

Kepala Seksi Umum dan KSDM PT Waskita Karya Forin mengatakan pihaknya sedang melakukan pengecoran setebal 10 sentimeter di sepanjang Pasekaran-Gringsing, Kabupaten Batang, Jawa Tengah. Lebih jauh dia mengungkapkan pihaknya diberikan target oleh pemerintah untuk menyelesaikan jalur Gringsing tersebut maksimal pada H-10 Idul Fitri tahun ini.

“Tujuannya agar jalur jalur tersebut dapat digunakan untuk mengurangi volume pemudik kea rah Kota Semarang,” jelas Forin melalui siaran pers yang diterima Bisnis, Jumat (28/2/2017).

Apabila proses berjalan lancar, maka ruas jalur alternatif sepanjang 36 kilometer bisa segera dilalui oleh kendaraan roda dua dan roda empat yang berukuran kecil.

"Sementara ini, jalur tersebut hanya dapat dilalui kendaraan kecil karena hanya terdiri dari dua lajur saja," tutur Forin.

Dia pun meminta pemerintah melakukan lobi kepada PT Perusahaan Milik Negara (Persero) dan PDAM agar ikut berkontribusi dalam pembangunan tol Grinsing. Alasannya, pihak Waskita Karya mengaku mengalami kendala di exit_tol Gringsing karena tidak ada penerang jalan dan air untuk kebutuhan toilet di rest area.

“Sementara yang akan kami sediakan, padahal dalam waktu 45 hari jalur ini harus sudah dapat dipergunakan," ungkapnya.

Forin menegaskan bahwa lampu penerang jalan dan suplai air merupakan hal yang krusial untuk segera dipasang di jalur Gringsing. Hal ini mengingat sepanjang jalur tersebut jarang ada pemukiman penduduk dan hanya ada sawah atau hutan saja.

Dia memastikan bahwa jalur alternatif Grinsing akan dapat dilalui oleh pemudik dari arah Jakarta maupun sebaliknya.

"Kalau dari arah Jakarta-Semarang, pemudik dapat masuk lewat Pasekaran sebelum alun-alun Batang dan keluar Gringsing di Kabupaten Batang atau sebaliknya untuk pemudik dari arah Jawa Timur," jelas Forin.

Di sepanjang jalur Pasekaran-Gringsing, kata Forin, PT Waskita akan membangun rest area atau toilet umum sementara, garis batas dan lampu penerang pada titik-titik tertentu.

"Kita juga akan berkoordinasi dengan Polda Jateng untuk membantu mengatur traffic di jalur tersebut mengingat proses pembangunan main road-nya, yakni jalur Tol Batang-Semarang, masih dalam tahap pengerjaan," pungkas Forin.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper