Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kedatangan Kapal Pesiar, Potensi Besar Bagi Pelindo III Semarang

Pihak manajemen PT Pelabuhan Indonesia III (Persero) cabang Tanjung Emas Semarang menyatakan potensi bisnis dengan bersandarnya kapal pesiar alias cruise ship yang mengangkut wisatawan cukup besar

Bisnis.com, SEMARANG—Pihak manajemen PT Pelabuhan Indonesia III (Persero) cabang Tanjung Emas Semarang menyatakan potensi bisnis dengan bersandarnya kapal pesiar alias cruise ship yang mengangkut wisatawan cukup besar.

General Manager PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) III (Persero) cabang Tanjung Emas Semarang Agus Hermawan mengatakan trennya dari tahun ke tahun semakin meningkat.

Mengutip data Pelindo III, jumlah wisatawan yang datang dengan kapal pesiar pada 2016 mencapai 16.852 orang. Jumlah itu meningkat dari tahun sebelumnya yang berjumlah 15.596 wisatawan.

“Saya rasa  Jawa Tengah ini destinasi wisatanya cukup menarik kalau memang bisa dibangun dengan lebih baik lagi. Infrastruktur kami sudah siap, tapi turis tertarik bukan hanya karena pelabuhannya harus dimaksimalkan destinasi wisata di Jawa Tengah yang menjadi andalan Borobudur dan saya kira lebih banyak lagi,” katanya kepada Bisnis, Selasa (11/4).

Selama ini, lanjut dia, pihaknya berkolaborasi dengan dinas  pariwisata dan instansi keamanan untuk menciptakan rasa aman dan nyaman di pelabuhan.

Keamanan menurutnya sudah berbasis ISPS Code dengan gedung terminal penumpang yang sudah representatif dan nyaman.

“Ini modal yang cukup baik untuk menarik minat wisatawan berkunjung ke Semarang dengan cruise ship,” terangnya.

Selama ini, penyambutan wisatawan yang turun dari kapal pesiar dilakukan dinas pariwisata dengan menampilkan tarian khas Semarang. Kemudian wisatawan akan dijamu wali kota di balai kota.

Di balai kota pun pemerintah kota Semarang menurutnya gencar melakukan kampanye destinasi wisata kepada wisatawan yang datang.

Kendati demikian, pihaknya tidak memiliki target kedatangan kapal pesiar setiap tahunnya karena bukan sebagai bisnis utama.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper