Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Susi Masuk Nominasi Seafood Champion Award

Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti masuk nominasi peraih penghargaan dalam ajang Seafood Champion Awards 2017 karena dinilai gigih memberantas pencurian ikan.
Sri Mas Sari
Sri Mas Sari - Bisnis.com 31 Maret 2017  |  21:09 WIB
Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti berdiskusi dengan beberapa pedagang dan pemilik kapal ikan di Pusat Pelelangan Ikan atau PPI Kendari, Sulawesi Tenggara, Jumat (24/3). - Jojon
Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti berdiskusi dengan beberapa pedagang dan pemilik kapal ikan di Pusat Pelelangan Ikan atau PPI Kendari, Sulawesi Tenggara, Jumat (24/3). - Jojon

Bisnis.com, JAKARTA - Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti masuk nominasi peraih penghargaan dalam ajang Seafood Champion Awards 2017 karena dinilai gigih memberantas pencurian ikan.

Siaran pers Kementerian Kelautan dan Perikanan, Jumat (31/3/2017), menyebutkan Susi masuk kategori Seafood Champion Award for Leadership. Dia akan bersaing dengan tokoh lain yang berkutat di dunia kelautan, seperti Ketua FishWise Mariah Boyle dan Ketua Global Aquaculture Alliance Wally Stevens.

Sea Web dalam keterangan resminya menyatakan semua finalis yang dinominasikan telah menunjukkan kecemerlangan dan keuletan bekerja dengan berbagai pemangku kepentingan, perbedaan bahasa, dan jenis-jenis industri untuk mengubah hubungan manusia dengan laut.

Dalam nominasi Seafood Champion Award for Leadership, Susi dinilai berpengaruh bagi negara lain yang memiliki kebijakan sama dengannya, yakni memberantas illegal fishing dan meningkatkan keberlanjutan produk kelautan dan perikanan serta kelestarian laut.

Presiden SeaWeb and The Ocean Foundation Mark Spalding mengatakan finalis tahun ini berasal dari beragam kalangan dengan keberhasilan, baik di level nasional maupun global.

"Untuk menciptakan perubahan, Anda perlu menggandeng pemangku kepentingan dan masyarakat. Hal tersebut tidak mudah untuk dilakukan, tapi orang-orang ini telah berhasil satu langkah didepan dan membuat sebuah kemajuan,” ujar Spalding dalam keterangan resmi itu.

Seleksi finalis dilakukan melalui panel diskusi para tenaga ahli tentang keberlanjutan produk perikanan (seafood sustainability) yang berasal dari sektor industri maupun lembaga swadaya masyarakat dari Asia, Eropa, dan Amerika Utara.

“Para juri kami memiliki pengetahuan dan perspektif luas terkait proses evaluasi yang kompleks ini. Kami sangat mengapresiasi hasil kerja mereka yang diakukan secara sukarela , memakan waktu lama, dan menguras tenaga untuk memutuskan finalis penghargaan ini," ujar Spalding.

Seafood Champions Awards diadakan sejak 2006 sebagai bentuk apresiasi kepada mereka yang berdedikasi terhadap pengelolaan sumber daya laut dengan cara bertanggung jawab dan ramah lingkungan. Selain penghargaan terhadap individu, Seafood Champions Award juga memberikan penghargaan dalam kategori kegiatan advokasi, visi, dan inovasi.

Selain itu, penyelenggaraan Seafood Champions Award ke-11 ini diberikan kepada mereka yang berdedikasi terhadap pengelolaan sumber daya laut dengan cara bertanggung jawab dan ramah lingkungan. Pemenang akan diumumkan pada 5 Juni di SeaWeb Seafood Summit, Seattle AS.

SeaWeb merupakan program dari The Ocean Foundation dengan misi untuk mendukung, menguatkan, dan mempromosikan organisasi dalam rangka melawan kerusakan lingkungan di seluruh dunia.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Susi Pudjiastuti
Editor : Fajar Sidik

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode Bisnis Indonesia Logo Epaper

BisnisRegional

To top