Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Sejumlah Ruas Tol Trans Sumatra Beroperasi Tahun ini

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat menargetkan sejumlah ruas tol Trans Sumatera dapat dioperasikan pada tahun ini.
ilustrasi/bisnis.com
ilustrasi/bisnis.com

Bisnis.com, JAKARTA - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat menargetkan sejumlah ruas tol Trans Sumatera dapat dioperasikan pada tahun ini.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basoek Hadimoeljono mengatakan saat ini progres pembangunan Tol Trans Sumatera sudah mencapai 62% sehingga pada 2017 ini sebagian ruas tol sudah dapat dioperasikan.

"Bakauheni-Terbanggi Besar mudah-mudahan sudah dapat dioperasikan 2017 ini. Palembang-Indralaya bisa dioperasikan Bulan Juni 2017. Medan-Binjai juga akan dioperasikan pada 2017 ini. Sementara untuk ruas Pekanbaru-Dumai sudah mulai dilakukan pekerjaan fisiknya," ujar dalam siaran pers, Kamis (30/3).

Nantinya, akan ada tiga ruas jalan tol tersebut akan fungsional pada Lebaran Juni 2017. Ketiga ruas tersebut ruas Tol Medan–Binjai seksi II Helvetia–Semayang sepanjang 6,18 kilometer dan seksi III Semayang–Binjai sepanjang 4,28 kilometer, Palembang –Indralaya seksi I Palembang–Pamulutan 7,75 km dan Bakauheni-Terbanggi Besar Paket II (Sidomulyo-Kotabaru) Segmen Lematang-Kotabaru sepanjang 5,025 km.

Sementara untuk ruas Tol Trans Sumatera lainnya yang akan selesai pembangunannya pada 2017 ini diantaranya ruas Palembang-Indralaya seksi III KTM-Simpang Indralaya sepanjang 9,28 kilometer.

Ruas Bakauheni Terbanggi Besar paket I (Bakauheni-Sidomulyo) segmen Pelabuhan Bakauheni-Bakauheni sepanjang 8,90 kilometer, dan seluruh ruas Medan-Kualanamu-Tebing Tinggi sepanjang 61,7 kilometer.

Basoeki menuturkan sebagai upaya mendorong percepatan pembangunan jalan tol pada wilayah yang tidak diminati oleh badan usaha (swasta dan BUMN) karena kurang layak secara ekonomi, Kementerian PUPR menggunakan state Guarantee Model atau penugasan kepada BUMN untuk melakukan proyek pembangunan jalan tol secara menyeluruh dengan didukung penuh oleh pemerintah.

Dalam Peraturan Presiden (Perpres) No. 100 Tahun 2014 Pemerintah telah menugaskan kepada PT Hutama Karya untuk melakukan pekerjaan 4 ruas tol di Jalan Tol Trans Sumatera, yaitu ruas tol Medan – Binjai sepanjang 16,72 km, Palembang – Indralaya sepanjang 21,93 km, Bakauheni-Terbanggi Besar sepanjang 140,7 km, dan Pekanbaru-Dumai sepanjang 131,48 km.

Melalui Perpres Nomor 117 Tahun 2015, ruas tol yang ditugaskan kepada PT Hutama Karya bertambah sebanyak empat ruas tol lainnya, yaitu ruas Terbanggi Besar-Pematang Panggang sepanjang 100 km, Pematang Panggang-Kayu Agung sepanjang 85 km, Palembang-Tanjung Api-Api sepanjang 70 km, dan Kisaran-Tebing Tinggi sepanjang 60 km.

"Dengan demikian, total panjang ruas yang harus ditangani oleh PT Hutama Karya adalah 625,83 km dan ditargetkan akan beroperasi penuh pada tahun 2019," tutur Basoeki.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Yanita Petriella
Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper