Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

REVITALISASI KA JAKARTA-SURABAYA: 30% Konten Lokal Disiapkan

Pemerintah Indonesia memastikan ada persentase yang besar pada penggunaan komponen dalam negeri untuk merevitalisasi kereta Jakarta-Surabaya menjadi kereta ekspres dengan kecepatan 150-160 kilometer per jam.
Gloria Fransisca Katharina Lawi
Gloria Fransisca Katharina Lawi - Bisnis.com 24 Maret 2017  |  15:54 WIB
Pekerja berjalan melewati rel kereta api di Jakarta, Selasa (14/3). - JIBI/Dedi Gunawan
Pekerja berjalan melewati rel kereta api di Jakarta, Selasa (14/3). - JIBI/Dedi Gunawan

Bisnis.com, JAKARTA – Pemerintah Indonesia memastikan ada persentase yang besar pada penggunaan komponen dalam negeri untuk merevitalisasi kereta Jakarta-Surabaya menjadi kereta ekspres dengan kecepatan 150-160 kilometer per jam.

Deputi III Bidang Koordinasi Infrastruktur Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman Ridwan Djamaluddin mengatakan, selama proses ini pemerintah tidak menghadapi banyak tantangan. Sejauh ini sudah disepakati ada local content yang akan dimasukkan. Sementara untuk pembiayaan ditangani oleh Badan Perencanaan Pembangunan Nasional atau Bappenas.

“Kita [local content] 30%. Sepakat resmi belum, tapi mengarah ke sana,” jelasnya di Kantor Kemenko Maritim, Kamis (24/3/2017).

Ridwan mengatakan, pra feasibility study akan menggunakan dana dari APBN untuk Kementerian Perhubungan. Selanjutnya dari Kemenhub akan dikerjasamakan dengan Badan Pengkajian dan Penerapan Tekonologi (BPPT). “Ini belum selesai revisi anggarannya, kala sudah selesai nanti Kemenub akan urusan dengan BPPT,” tuturnya.

Ridwan menuturkan proyek ini ditargetkan rampung pada 2019. Dia memastikan tahun ini feasibility study sudah harus dimulai. Maret ini akan dimulai dengan preliminary study, pra FS yang dikerjakan BPPT dan Kemenhub. “Preliminary sampai akhir 2017, keputusan kita harapkan sebelum itu. Kebijakan pemerintah dan kerja sama bisa sebelum itu,” ungkap Ridwan.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

transportasi
Editor : Fajar Sidik

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode Bisnis Indonesia Logo Epaper

BisnisRegional

To top